Minggu, 29 September 2024

YouTube Hadirkan Fitur Pengawasan Orang Tua untuk Pantau Aktivitas Remaja

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi - Tampilan ikon aplikasi YouTube di iPhone XR. Foto: iStock

YouTube memperkenalkan fitur baru yang memungkinkan orang tua menautkan akun mereka dengan akun remaja untuk memantau aktivitas anaknya di platform itu.

Orang tua akan menerima pemberitahuan tentang jumlah unggahan, langganan, dan komentar anak remaja mereka, meskipun konten spesifiknya tidak akan terlihat.

Notifikasi juga mencakup unggahan video baru, siaran langsung, dan perubahan privasi video, termasuk untuk video privat atau tidak tercantum.

Techcrunch melaporkan, fitur ini dibangun di atas kontrol orangtua yang diluncurkan YouTube pada 2021, yang awalnya ditujukan untuk anak-anak di bawah 13 tahun. Sekarang, YouTube memperluas fitur tersebut untuk remaja.

Fitur ini merupakan respons terhadap meningkatnya kebutuhan akan pengawasan orang tua di platform media sosial, menyusul undang-undang di beberapa negara bagian AS yang membatasi akses anak-anak ke media sosial tanpa izin orang tua.

YouTube menekankan bahwa fitur baru ini tidak akan memengaruhi algoritme rekomendasi video untuk remaja.

Peluncuran fitur ini dimulai minggu ini melalui aplikasi YouTube dan Google Family Link, dan akan tersedia secara global dalam beberapa minggu ke depan. (saf/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Minggu, 29 September 2024
29o
Kurs