Minggu, 8 September 2024

Truk Pemadam Kebakaran Listrik akan Digunakan di Kota Victoria Australia

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Truk pemadam kebakaran listrik milik tim pemadam kebakaran Fire Rescue Victoria (FRV), Victoria, Australia. Foto: Fire Rescue Victoria

Kota Victoria di Australia mendapatkan truk pemadam kebakaran listrik pertamanya tahun ini, memulai periode pengujian sebelum secara resmi beroperasi penuh.

Fire Rescue Victoria (FRV) akan menambahkan Kendaraan Listrik untuk Insiden dan Darurat atau Electric Vehicle for Incident and Emergency (EVIE) ke dalam armadanya ketika tiba akhir tahun ini.

Dilansir dari Antara pada Sabtu (13/7/2024), petugas pemadam kebakaran akan dilatih secara menyeluruh tentang teknologi baru ini sebelum truk tersebut secara bertahap diperkenalkan ke layanan pada awal 2025.

Awalnya, truk ini akan mengikuti jajaran pemadam kebakaran lainnya dalam merespons insiden, untuk menguji kemampuan truk sepenuhnya, dan menjalani evaluasi menyeluruh sebelum penambahan listrik ke armada FRV.

Kendaraan yang dirancang dan dibangun oleh FRV ini merupakan truk pemadam kebakaran listrik kedua di Australia.

“Kami sangat bangga memperkenalkan EVIE kepada Fire Rescue Victoria sebagai bagian dari modernisasi armada kendaraan kami, dan kami akan mengevaluasi semua aspek kinerja truk untuk membantu menginformasikan keputusan di masa depan tentang integrasi peralatan pemadam kebakaran listrik ke dalam layanan,” kata Gavin Freeman Komisaris FRV.

Kendaraan listrik tersebut dibuat sesuai dengan spesifikasi FRV dan dilengkapi dengan peralatan dan teknologi pemadam kebakaran terbaru.

Truk ini memenuhi semua persyaratan sebagai pemompa utama, dan mencakup sistem penggerak dan pompa independen untuk pemadaman kebakaran pump and roll saat bepergian, dan peningkatan ergonomi dan loker penyimpanan.

Truk pemadam kebakaran listrik pertama di negara ini telah dikirim ke Queensland Fire and Emergency Services (QFES) pada bulan Juni untuk digunakan di Caloundra dan Sunshine Coast.

Truk ini bergabung dengan truk pemadam kebakaran bahan bakar nabati yang ditenagai oleh diesel terbarukan yang diproduksi melalui proses hidrogenasi dan hydocracking dengan menggunakan hidrogen, Hydrotreated Vegetable Oil (HVO), dan sudah menjalani uji coba di Townsville.

Truk pemadam kebakaran bertenaga baterai baru di Queensland merupakan kendaraan listrik layanan kritis kedua di Australia setelah Badan Layanan Darurat ACT menambahkan Truk Alat Bantu Pernapasan listrik pada tahun 2023. (ant/saf/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Dua Truk Terlibat Kecelakaan di Bungah Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Minggu, 8 September 2024
25o
Kurs