Minggu, 8 September 2024

TikTok Siasati Lupa Judul Lagu, Cukup Nyanyi Aja!

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi logo aplikasi Tiktok. Foto: Reuters

TikTok menghadirkan fitur baru bernama “Sound Search” yang memungkinkan pengguna menemukan lagu dengan menyanyikan atau menyenandungkan lagu.

Dilansir dari Antara pada Sabtu (27/7/2024), fitur ini belum tersedia secara luas, baru tersedia untuk pengguna di wilayah tertentu.

Sebelum TikTok menghadirkan “Sound Search”, YouTube Music dan Shazam telah menyediakan fitur pencarian lagu semacam itu.

Fitur “Sound Search” di TikTok serupa dengan fitur pencarian suara di YouTube Music, yang memungkinkan pengguna menemukan nama lagu dengan bernyanyi, bersenandung, atau memutar lagu.

Shazam juga memiliki fitur pencarian dengan bantuan suara. Namun, fitur yang dihadirkan TikTok dan YouTube Music melampaui tawaran Shazam.

Kedua aplikasi tersebut memungkinkan pengguna mencari lagu dengan bersenandung atau bernyanyi, sedangkan fitur Shazam hanya berfungsi jika pengguna memutar lagu yang ingin dicari.

Fitur “Sound Search” TikTok tidak hanya dirancang untuk membantu pengguna mencari lagu, tetapi juga menunjukkan video-video yang menggunakan lagu tersebut.

Menurut pengujian yang dilakukan oleh TechCrunch, alat deteksi pada fitur “Sound Search” di TikTok bekerja cepat dalam upaya pencarian lagu-lagu yang populer di aplikasi tersebut.

Namun, fitur itu membutuhkan waktu lebih lama ketika digunakan untuk mencari lagu-lagu yang tidak banyak digunakan dalam video-video populer.

Kendati demikian, TikTok menyampaikan kepada TechCrunch bahwa alat tersebut dirancang untuk menemukan lagu-lagu, bukan suara-suara spesifik TikTok. (ant/saf/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Dua Truk Terlibat Kecelakaan di Bungah Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Minggu, 8 September 2024
32o
Kurs