Sabtu, 19 Oktober 2024

Pentingnya Mencegah Osteoporosis Sejak Dini, Berikut Tips dari Dokter Spesialis

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi - Osteoporosis menyebabkan tulang menjadi rapuh dan mudah patah serta meningkatkan risiko patah tulang. Foto: Reuters

Fajar Ivan Effendi Dokter Spesialis Orthopedi dan Traumatologi RS UNS Surakarta, mengingatkan bahwa osteoporosis perlu dicegah sejak dini agar kita dapat menghindari risiko cedera di kemudian hari.

“Beberapa cara pencegahan yang efektif termasuk olahraga teratur, mengonsumsi kalsium, vitamin D, dan menjalani gaya hidup sehat,” ujarnya dilansir dari Antara pada Sabtu (19/10/2024)

Ia menjelaskan, mengonsumsi vitamin sangat penting untuk memperkuat tulang. Selain itu, makanan seperti susu, yogurt, dan sereal juga harus menjadi bagian dari diet kita.

Osteoporosis terjadi ketika jumlah sel tulang yang mati lebih banyak daripada sel yang baru terbentuk, menyebabkan pengikisan di dinding sel tulang.

Dengan mengonsumsi kalsium dan vitamin D, kita dapat mencegah masalah ini dan memastikan cadangan sel tulang mencukupi saat dibutuhkan.

Seringkali, osteoporosis baru diketahui secara tidak sengaja. “Banyak pasien yang datang karena mengeluh nyeri di sendi atau tulang belakang. Terkadang, setelah jatuh ringan, tulang bisa patah. Baru setelah dirontgen, baru diketahui ada osteoporosis,” katanya.

Kesadaran masyarakat tentang pemeriksaan osteoporosis sangat penting. “Kadang pasien yang lebih tua tidak menyadari gejala osteoporosis dan menganggap nyeri sendi sebagai hal biasa,” tambahnya.

Beberapa kebiasaan yang dapat menyebabkan osteoporosis meliputi penggunaan obat-obatan tertentu, konsumsi alkohol, merokok, dan kurangnya asupan kalsium.

Jika dibiarkan, osteoporosis bisa berbahaya, menyebabkan tulang menjadi keropos, rapuh, dan mudah patah. Tidak hanya akibat kecelakaan, tetapi aktivitas sehari-hari seperti jatuh ringan pun bisa menyebabkan patah tulang.

Jika tulang belakang patah, ini dapat mengganggu aktivitas sehari-hari dan menyebabkan punggung membungkuk.

Dengan menjaga pola hidup sehat dan melakukan pemeriksaan rutin, kita bisa mencegah osteoporosis dan menjaga kesehatan tulang kita! (ant/saf/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Teriknya Jalan Embong Malang Beserta Kembang Tabebuya

Bunga Tabebuya Bermekaran di Merr

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Surabaya
Sabtu, 19 Oktober 2024
31o
Kurs