Jumat, 27 September 2024

Menggeliatnya Kafe di Surabaya: Beragam Konsep Baru untuk Pencinta Kopi

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Salah seorang chef dari Societe ketika melakukan demo pembuatan mocktail dan cocktail pada Kamis (26/9/2024) siang. Foto: Istimewa

Setelah pandemi Covid-19 melanda dunia pada 2020, industri kafe di Surabaya menunjukkan tanda-tanda kebangkitan yang signifikan.

Dalam beberapa tahun terakhir, kota ini telah menjadi surga bagi para pencinta kopi dan tempat nongkrong, dengan berbagai konsep kafe yang bermunculan dan menarik perhatian masyarakat.

Di Surabaya, tempat nongkrong baru dengan beragam tema dan konsep telah berhasil menarik pengunjung. Mulai dari warung kopi (warkop) tradisional, kedai kopi berkonsep budaya China dan Melayu, hingga kafe dengan desain modern dan inovatif.

Keberagaman ini tak hanya menawarkan pilihan bagi konsumen, tetapi juga menciptakan suasana kompetitif yang sehat di pasar.

Liechar Solihin Direktur PT. Excelso Multi Rasa (Societe), menjelaskan bahwa Surabaya sebagai kota terbesar kedua di Indonesia, memiliki potensi pasar yang sangat besar.

“Pertumbuhan ekonomi Surabaya yang positif. Selain itu, gaya hidup dari market mendukung pertumbuhan kedai kopi atau kafe di indonesia,” ujarnya.

Menurut Liechar, masyarakat kini memiliki lebih banyak opsi untuk menikmati waktu bersantai sambil ngopi, baik untuk bersosialisasi maupun bekerja.

Sementara itu, Asosiasi Pengusaha Kafe dan Restoran Indonesia (Apkrindo) Jawa Timur juga memberikan sinyal positif mengenai prospek industri ini. Pada awal tahun 2022, mereka memperkirakan bahwa kinerja industri kafe dan restoran di Jawa Timur akan tumbuh antara 10 hingga 15 persen.

Kini kafe-kafe baru di Surabaya tidak hanya bersaing dalam hal rasa dan kualitas produk, tetapi juga mengadaptasi tren yang sedang berkembang. Seperti konsep hybrid modern dengan menggabungkan kafe, restoran, dan bar. (saf/bil/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Jumat, 27 September 2024
30o
Kurs