Jumat, 18 Oktober 2024

Makin Canggih, Gemini Juga Bisa Bantu Rancang Aplikasi di Ponsel

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Budi Oktaviyan Head of Engineer CIMB Bank dab Google Developer Experts (GDE) Android saat memberikan materi dalam Google I/O Extended Surabaya, Sabtu (27/7/2024). Foto: Akira suarasurabaya.net

Kecanggihan teknologi yang diiringi dengan ilmu pengetahuan, sudah dipastikan bisa membentuk suatu hal baru dan bisa bermanfaat untuk sekitar.

Di gelaran Google I/O Extended Surabaya, Budi Oktaviyan Google Developer Experts (GDE) Android mengaku akan melakukan demo aplikasi yang dibuat dengan bantuan Gemini.

Gemini merupakan generatif AI yang dikembangkan oleh Google, untuk mempermudah pekerjaan sehari-hari.

Budi Oktaviyan mengaku telah membuat satu aplikasi menggunakan Gemini SDK Android.

“Saya membuat aplikasi yang bisa membantu pekerjaan customer service,” terang Budi kepada suarasurabaya.net, Sabtu (27/7/2024).

Aplikasi tersebut, lanjut Budi, diambil dari salah satu kasus yang sedang dia hadapi di perusahaan.

“Karena saya adalah orang perbankan, yang mana customer service itu sangat dibutuhkan 24/7. Jadi saya terpikir untuk membuat aplikasi yang bisa melayani customer,” ungkapnya.

Menurut Budi, aplikasi ini tidak dibuat untuk menyaingi keberadaan customer service, tapi untuk membantu mereka handle tugas lain yang tidak terjangkau.

Budi mengatakan proses pembuatan aplikasi itu, juga dibantu oleh teknologi pendukung di dalam Gemini, salah satunya adalah Vertex AI.

Adapun Vertex AI juga berfungsi untuk membantu kehidupan sehari-hari dengan sistem yang cukup mudah.

Vrijraj Singh GDE Firebase dan Web dari India menjelaskan, contoh pembuatan aplikasi dengan memanfaatkan AI bisa dilakukan dengan menggunakan chatbot.

“Misalnya, Anda bertanya di chatbot tentang keinginanmu di Indonesia, menambahkan hal yang kamu suka di sana, dan chatbot akan menunjukkanmu semua hal tentang Indonesia seperti, acara yang sedang berlangsung, bahasa, hingga teknologi terbaru di sana,” jelas Vrijraj.

Untuk diketahui, Google I/O Extended Surabaya diadakan di Suara Surabaya Center, Sabtu (27/7/2024), bekerja sama dengan Google Developer Groups, Institut STTS, dan Suara Surabaya Media. (kir/saf/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Teriknya Jalan Embong Malang Beserta Kembang Tabebuya

Bunga Tabebuya Bermekaran di Merr

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Surabaya
Jumat, 18 Oktober 2024
36o
Kurs