Sabtu, 7 September 2024

Lima Kebiasaan Sederhana untuk Menjaga Kesehatan Mata

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi pemeriksaan mata (retinoskopi). Foto: Pixabay

Mata adalah jendela jiwa, dan menjaga kesehatannya sangatlah penting. Maka ada kebiasaan-kebiasaan bisa dibangun untuk membantu menjaga kesehatan mata, yang berperan penting bagi kesejahteraan seseorang secara keseluruhan.

Dilansir dari Antara pada Kamis (25/7/2024), Nidhi Jyoti Shetty dokter mata sekaligus konsultan dari India membagikan lima kebiasaan sederhana yang dapat membantu Anda menjaga kesehatan mata:

1. Bersihkan Mata di Malam Hari
Sebelum tidur, bersihkan wajah secara menyeluruh untuk menghilangkan kotoran, minyak, atau riasan. Bersihkan area sekitar mata dengan lembut dan gunakan krim pelembap untuk menjaga kelembapan kulit di sekitar mata.

2. Hindari Menggosok Mata
Saat bangun tidur, tahan keinginan untuk menggosok mata. Tangan yang kotor dapat membawa bakteri dan menyebabkan iritasi atau infeksi pada mata.

Jika mata terasa gatal atau kering, gunakan obat tetes mata yang direkomendasikan dokter.

3. Batasi Paparan Layar
Hindari langsung menggunakan ponsel atau perangkat digital lainnya saat bangun tidur. Cahaya biru dari layar dapat menyebabkan ketegangan pada mata, terutama di pagi hari saat mata masih beradaptasi dengan cahaya.

4. Jalan-jalan Pagi
Luangkan waktu untuk berjalan-jalan di pagi hari. Sinar matahari alami membantu mengatur ritme sirkadian tubuh, yang berpengaruh pada kesehatan secara keseluruhan, termasuk kesehatan mata.

5. Konsumsi Sarapan Bergizi
Sarapan bergizi penting untuk kesehatan mata. Konsumsi makanan kaya antioksidan seperti beri-berian dan sayuran hijau seperti bayam dan kangkung. Sayuran ini mengandung lutein dan zeaxanthin, nutrisi penting untuk kesehatan mata.

Selain itu, Anda juga disarankan untuk mengistirahatkan mata secara berkala saat menggunakan perangkat digital. Lalu menggunakan kacamata hitam yang dapat memblokir sinar UV saat berada di luar ruangan.

Periksakan mata secara rutin ke dokter mata, terutama jika Anda memiliki riwayat penyakit mata dalam keluarga. Selain itu, konsumsi makanan yang kaya vitamin A, C, dan E yang baik untuk kesehatan mata.

Dengan menerapkan kebiasaan sederhana ini dan menjaga gaya hidup sehat, Anda dapat membantu menjaga kesehatan mata dan menikmati penglihatan yang jelas dan tajam untuk waktu yang lama. (ant/saf/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Dua Truk Terlibat Kecelakaan di Bungah Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Sabtu, 7 September 2024
29o
Kurs