Minggu, 8 September 2024

Kopi Kayu Manis: Perpaduan Sempurna untuk Meningkatkan Kesehatan Otak

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Secangkir kopi kayu manis disebut melindungi otak dari penyakit neurodegeneratif. Foto: AFP

Memulai hari dengan secangkir kopi dan kayu manis ternyata bukan hanya menghangatkan tubuh dan membangkitkan semangat, tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan otak.

Gabungan dua bahan alami ini disebut dapat meningkatkan fungsi kognitif dan melindungi otak dari penyakit degeneratif.

Menurut Shaheen Lakhan seorang ahli saraf, kopi mengandung kafein yang bertindak sebagai stimulan untuk meningkatkan kewaspadaan, konsentrasi, dan daya ingat jangka pendek.

Dilansir dari Antara pada Rabu (24/7/2024), kopi juga kaya antioksidan yang bisa membantu melindungi sel-sel otak dari kerusakan dan mengurangi risiko penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer dan Parkinson.

Khasiat kopi diperkuat dengan tambahan kayu manis. Kayu manis mengandung senyawa yang membantu mengatur kadar gula darah, penting untuk fungsi kognitif yang stabil.

Kayu manis juga kaya antioksidan dan memiliki sifat anti-inflamasi yang berkontribusi pada kesehatan otak jangka panjang.

Sebuah tinjauan tahun 2024 terhadap 40 penelitian menunjukkan bahwa kayu manis dapat meningkatkan fungsi kognitif, pembelajaran, dan memori, serta membantu mencegah dan mengurangi gangguan kognitif.

Penelitian lain pada tikus menunjukkan potensi kayu manis dalam mencegah atau memperlambat penyakit neurodegeneratif seperti Parkinson.

Tips Menikmati Kopi Kayu Manis yang Sehat:
1. Kurangi pemanis buatan. Sebab pemanis buatan seperti aspartam, sukralosa, dan sakarin dapat berdampak negatif pada bakteri usus yang memengaruhi kesehatan otak melalui sumbu otak-usus.

2. Hindari krimer beraroma. Sebab krimer ini biasanya tinggi gula tambahan dan lemak tidak sehat yang dapat menyebabkan peradangan dan meningkatkan risiko penurunan kognitif.

3. Pilih susu nabati tanpa pemanis atau susu rendah lemak sebagai alternatif krimer.

4. Bagi pecinta rasa manis, tambahkan madu atau stevia secukupnya.

Dengan mengikuti tips di atas, secangkir kopi kayu manis Anda tidak hanya lezat, tetapi juga menyehatkan otak dan meningkatkan fungsi kognitif. Selamat mencoba! (ant/saf/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Dua Truk Terlibat Kecelakaan di Bungah Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Minggu, 8 September 2024
25o
Kurs