Kamis, 10 Oktober 2024

Ini Empat Cara Menjaga Kesehatan Mental di Tempat Kerja

Laporan oleh Akira Tandika Paramitaningtyas
Bagikan
Ilustrasi seseorang yang tengah dilanda stres. Foto: Pexel

Pada peringatan Hari Kesehatan Mental Sedunia 2024, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) membagikan empat kunci menjaga kesehatan mental di tempat kerja.

Hal itu sesuai dengan tema besar yang diangkat dalam peringatan Hari Kesehatan Mental Sedunia 2024, yang fokus pada mental para pekerja.

Imran Pambudi Direktur Kesehatan Jiwa Kemenkes menjelaskan, hal pertama yang perlu diimplementasikan adalah jam kerja yang wajar, supaya bekerja menjadi lebih efisien dan ketika pulang bisa mengurus hal-hal lain.

“Sekarang kan sampai saat ini aturannya 8 jam. Dari 8 jam ini harusnya bisa diatur secara efektif dan efisien supaya tidak membuang kerjaan di luar jam kerja,” ujarnya seperti dilansir Antara, Rabu (9/10/2024).

Yang kedua, lanjut Imran, memberikan akses pelayanan kesehatan jiwa seperti konseling atau pelatihan-pelatihan manajemen stres. Dia mencontohkan, Kementerian Kesehatan mempromosikan skrining kesehatan jiwa dan menyediakan konseling bagi yang membutuhkan.

“Hal-hal itulah yang coba kami fasilitasi. Dan alhamdulillah tahun ini, yang mengisi skrining itu jauh lebih tinggi dibandingkan 2 tahun sebelumnya,” tuturnya.

Menurut Imran, yang ketiga adalah mendorong percakapan terbuka tentang kesehatan jiwa. Dia menyebutkan, sering ada anggapan orang harus tegar. Sehingga, masalahnya dipendam sendiri. Dia menilai hal tersebut tidak baik.

“Jadi, kalau orang bilang, ada temannya curhat terus bilang, kamu kan baik-baik saja, itu enggak tepat. Yang tepat adalah, oke, kamu bermasalah, nikmati masalahmu, selesaikan, dan harus bangkit’,” katanya.

Inisiatif terakhir, sambung Imran, meningkatkan kesempatan kerja bagi orang-orang yang punya masalah kesehatan jiwa serius.

“Jadi, kita tidak boleh menstigma mereka, tapi berikan kesempatan dan berikan dorongan agar mereka bisa bekerja,” jelasnya.

Mengutip data 2022 dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), 1 dari 8 orang di seluruh dunia memiliki masalah kesehatan jiwa.

“Dari Global Burden Disease tahun 2019 menunjukkan gangguan jiwa ini menjadi penyebab kedua year lived with disability di Indonesia,” tandasnya.(ant/kir/rid)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Kamis, 10 Oktober 2024
26o
Kurs