Selasa, 17 September 2024

Halo, “Cantik”, Sampai Ketemu Kahitna di Jazz Traffic Festival 2024

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan
Kahitna telah berusia 38 tahun pada 2024. Grafis: Suara Surabaya.

“Cantik.. Ingin rasa hati berbisik..”

Masih ada yang nggak tahu penggalan lirik itu punya siapa?

Untuk Gen-Z yang belum tahu, lirik tersebut merupakan penggalan lagu “Cantik” milik Kahitna, dan dirilis tahun 1996 lalu, dalam album bertajuk “Cantik atau Kahitna II”.

Sampai saat ini, lagu “Cantik” masih tetap populer hingga anak muda. Terlebih, setelah lagu ini dinyanyikan ulang oleh Tiara Andini dan viral di platform musik.

“Cantik” menjadi salah satu lagu Kahitna yang banyak diputar di Spotify hingga 59 juta kali. Disusul “Soulmate”, “Andai Dia Tahu”, “Cerita Cinta”, dan “Rahasia Cintaku #Baper”.

Soulmates, sapaan penggemar Kahitna, pasti nggak sabar mendengarkan lagu “Cantik” dan nyanyi bareng!

Kahitna akan tampil di Jazz Traffic Festival, yang digelar di Grand City Surabaya, 14-15 September 2024 mendatang.

Penampilan Kahitna di Jazz Traffic Festival nanti akan terasa berbeda tanpa kehadiran Carlo Saba, yang meninggal dunia pada 2023 lalu. Kini hanya menyisakan Hedi Yunus dan Carlo Saba di posisi vokalis.

Ngomongin soal Kahitna, Gen-Z sudah kenal belum, ya? Sebelum lebih jauh, inilah kilas balik grup musik Kahitna.

Sebelum menjadi Kahitna, grup musik ini diberi nama Coops Rhythm Section, pada 1986. Tapi, karena satu dan lain hal, Yovie Widianto memilih untuk berkarier dengan Kahitna.

Posisi vokalis Kahitna awal diisi oleh penyanyi wanita yakni, Trie Utami. Seiring berjalannya waktu, grup tersebut justru mantap dengan seluruh personel laki-laki.

Grup musik Kahitna saat ini beranggotakan delapan orang yakni, Yovie Widianto (keyboard,piano), Bambang Purwono (keyboard), Harry Suhardiman (perkusi), Budiana Nugraha (drum), Andrie Bayuadjie (gitar), Dody Isnaini (bass), dan vokalis, Hedi Yunus, dan Mario Ginanjar.

Selain Kahitna, Jazz Traffic Festival 2024 akan menampilkan sederet musisi papan atas di antaranya The Changcuters, Nadine Amizah, Coldiac, Baryy Likumahuwa, Nonaria, Adikara, Dere, The Bakuucakar, Yovie and The Nuno, Maliq & d’Essentials, Reality Club, Suara Kayu, Mocca, Ardhito Pramono, Mr. Jono Joni, Vina Panduwinata serta sejumlah artis lainnya.

Informasi tiket Jazz Traffic Festival bisa diakses di  jazztraffic.com.

Tentang Jazz Traffic

Jazz Traffic sendiri awalnya adalah program siaran di Radio Suara Surabaya yang sudah mengudara sejak tahun 1983. Bahkan, Bubi Chen sang virtuoso musik jazz internasional dari Surabaya pernah terlibat dalam siaran Jazz Traffic sejak tahun 1985 sampai akhir hayatnya pada tahun 2012.

Saat ini, siaran Jazz Traffic tidak hanya memperdengarkan komposisi-komposisi jazz, tapi juga mengenalkan sub genre Jazz Tradisional, Free Jazz, hingga Jazz Kontemporer. Selama mengudara, Jazz Traffic telah membentuk komunitas-komunitas jazz yang solid, tidak hanya di Kota Surabaya, tapi juga kota-kota lain di Indonesia.

Program Jazz Traffic yang dibidani Errol Jonathans ini, lantas diabadikan dalam sebuah acara live performance para musisi jazz Indonesia bertajuk Jazz Traffic Festival (JTF).

Jazz Traffic Festival digelar pertama kali pada  27 Nopember 2011 di Grand City Surabaya.  (kir/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Selasa, 17 September 2024
32o
Kurs