Sabtu, 21 September 2024

Hadirkan Cara Baru Memahami Seni, Doddy Hernanto Pelukis Gabungkan Seni dan Teknologi

Laporan oleh Akira Tandika Paramitaningtyas
Bagikan
Doddy Hernanto mendemonstrasikan bagaimana QR Art bisa diakses menggunakan QR Scan melalui Smartphone, Jumat (20/9/2024). Foto: Arvin Fayruz Magang suarasurabaya.net

Doddy Hernanto, pelukis, menjadi satu dari belasan seniman dan kolektor yang turut berpartisipasi dalam pameran The Secret of Archipelago, yang dibuka Jumat (20/9/2024) hingga satu bulan ke depan.

Dalam pameran itu, Doddy Hernanto membawa empat karya lukis miliknya yang tampak berbeda dari seniman lain. Dia memamerkan karya lukis yang diselipkan barcode di dalamnya.

“Saya menyebut ini sebagai QR Art. Karena di dalam lukisan ini saya selipkan kode QR, yang bisa diakses masyarakat sebagai tambahan informasi,” terangnya saat ditemui suarasurabaya.net.

Doddy Hernanto menjelaskan proses seni QR Art dapat terwujud di First Annual Art and Artifact Exhibition di Surabaya, Jumat (20/9/2024). Foto: Arvin Fayruz Magang suarasurabaya.net

Pelukis gaya QR Art itu memulai kariernya sebagai pelukis white on black sejak dirinya masih berumur belasan.

Dia mulai mengubah gaya lukisnya pada 2019 lalu setelah terinspirasi karya Yoseph Woodland dan Masahiro Hara. Namun saat itu, Doddy merasa lukisan tersebut kurang indah meski terlihat canggih.

“Kalau Masahiro Hara, hanya menampilkan barcode saja tanpa image (gambar). Saya merasa kurang indah. Setelah saya kulik, akhirnya tercipta QR Art yang menggabungkan seni dan teknologi itu hingga mendapat pengakuan dari HAKI,” ungkapnya.

Salah dua karya terbaik Doddy Hernanto di First Annual Art and Artifact Exhibition di Surabaya, Jumat (20/9/2024). Foto: Arvin Fayruz Magang suarasurabaya.net

Di empat lukisan berpadu barcode itu, salah satunya diangkat Doddy dari sosok Bung Karno, sebagai Bapak Proklamator Bangsa.

“Alasan saya memilih beliau karena sejarah soal Bung Karno tidak boleh hilang. Karena dia sendiri adalah bagian dari sejarah. Kalau tidak ada Bung Karno, ya tidak ada bangsa ini,” jelasnya.

Sementara itu, Doddy mengatakan, mengenalkan seni ke masyarakat termasuk hal yang penting. Tak hanya untuk anak muda, tapi juga seluruh lapisan masyarakat.

“Karena, seni adalah bagian dari budaya yang membuat Bangsa Indonesia lebih berkarakter,” tutupnya. (kir/bil)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Sabtu, 21 September 2024
27o
Kurs