Kamis, 24 Oktober 2024

Gemini Live Kini Bisa Berinteraksi dalam Bahasa Indonesia

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi Google Gemini Live. Foto: Google Indonesia

Perusahaan teknologi Google telah meningkatkan kemampuan asisten kecerdasan buatan (AI) generatifnya, Gemini Live, agar dapat berinteraksi lebih alami dengan pengguna.

Kini, Gemini Live tidak hanya mendukung lebih dari 40 bahasa, tetapi juga telah menambahkan Bahasa Indonesia ke dalam kapasitas bahasanya.

“Gemini Live hadir dalam Bahasa Indonesia, memungkinkan Anda berbincang secara alami dengan AI ini. Fitur ini juga terhubung ke lebih banyak aplikasi Google dalam Bahasa Indonesia, memudahkan akses informasi dan penggunaan berbagai layanan Google,” demikian pernyataan resmi Google dilansir dari Antara, (23/10/2024).

Gemini Live memungkinkan pengguna untuk bercakap-cakap dalam dua bahasa secara bersamaan, memberikan fleksibilitas untuk beralih antara Bahasa Indonesia dan bahasa lainnya yang dikuasai.

Fitur ini mendukung interaksi AI sesuai dengan konteks percakapan.

Untuk mengatur bahasa di aplikasi Google, pengguna dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka aplikasi Google di ponsel atau tablet Android.
2. Ketuk gambar profil atau inisial akun di bagian atas.
3. Pilih Setelan > Asisten Google > Bahasa. Pilih Bahasa Indonesia dan satu bahasa lain yang didukung sebagai bahasa kedua.

Berbeda dengan versi Gemini biasa yang memerlukan pengguna untuk mengetik pertanyaan, Gemini Live memungkinkan percakapan langsung, membuat interaksi menjadi lebih nyaman. Pengguna dapat berdiskusi tentang ide kreatif, menjelajahi topik, atau berlatih presentasi.

Gemini Live juga dapat membantu mencari informasi umum, seperti peristiwa sejarah, konsep ilmiah, atau aturan permainan catur.

Dengan integrasi Gemini ke layanan Google seperti Gmail, Maps, dan Calendar, aktivitas sehari-hari pengguna menjadi lebih mudah.

Dengan kemampuan bahasa yang ditingkatkan, Gemini Live dapat membantu pengguna mengatur dan mengelola jadwal aktivitas mereka.

Misalnya, pengguna dapat menanyakan kapan season baru dari serial TV favoritnya akan tayang, dan meminta Gemini mengingatkan seminggu atau sehari sebelumnya.

Google menyatakan, “Dengan memperluas ketersediaan Gemini Live dan koneksi aplikasinya ke lebih banyak bahasa, kami berusaha untuk mewujudkan akses ke manfaat AI dan membantu orang-orang di seluruh dunia mendapatkan informasi serta menikmati manfaat asisten berteknologi AI.” (ant/saf/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Teriknya Jalan Embong Malang Beserta Kembang Tabebuya

Bunga Tabebuya Bermekaran di Merr

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Surabaya
Kamis, 24 Oktober 2024
36o
Kurs