Selasa, 17 September 2024

Dokter Minta Sekolah Aktif Edukasi Makanan Sehat Demi Cegah Obesitas

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi obesitas pada anak. Foto: Getty Images

Inge Permadhi dokter spesialis gizi klinik dari Universitas Indonesia mengimbau sekolah untuk turut mengedukasi anak-anak tentang makanan sehat guna mencegah obesitas.

“Di sekolah itu gurunya harus mengajarkan kepada muridnya tentang makanan yang sehat dengan gizi seimbang. Karena anak sekarang pintar-pintar, mereka yang nanti dapat menjadi jembatan edukasi kepada orang tuanya,” kata Inge dilansir dari Antara pada Senin (9/9/2024).

Dia menekankan pentingnya sinergi antara edukasi di sekolah dan orang tua, dengan fokus pada makanan sehat dan aktivitas fisik yang cukup.

Orang tua juga diharapkan memahami kandungan gizi makanan serta menghindari asupan karbohidrat simpleks dan makanan tinggi lemak.

“Makanan dan minuman manis dapat meningkatkan jumlah kalori yang diasup oleh anak. Jangan lupa untuk mengurangi segala sesuatu yang ditambahkan dalam makanan atau minuman sehingga membuatnya menjadi manis,” ujarnya.

Menurut Inge, konsumsi berlebihan makanan manis bisa meningkatkan risiko obesitas dan penyakit metabolik seperti diabetes, hipertensi, serta gangguan kesehatan lainnya.

Edukasi sebaiknya berpedoman pada pola makan sehat dengan gizi seimbang sesuai arahan Kementerian Kesehatan. (ant/saf/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Selasa, 17 September 2024
33o
Kurs