Jumat, 27 September 2024

Dokter Ingatkan Jangan Sembarangan Pindahkan Korban Kecelakaan yang Tergeletak

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan

Dokter (dr.) Imamul Aziz Albar spesialis ortopedi dan traumatologi lulusan Universitas Indonesia (UI) mengingatkan agar jangan sembarangan memindahkan orang tergeletak setelah mengalami kecelakaan, untuk mencegah timbulnya cedera fatal yang membahayakan korban.

“Karena kita tidak tau nih, tau-tau kita mobilisasi atau kita pindahkan (korbannya), ternyata cederanya di leher. Karena leher itu kan kayak gardu listrik ya, jadi nanti bisa fatal (cederanya),” kata Imamul dalam diskusi daring di Jakarta, Jumat (27/9/2024) dilansir Antara.

Ia menganjurkan apabila melihat korban yang kecelakaan lalu lintas, hal pertama yang dapat dilakukan adalah mengamankan lokasi korban tergeletak dari kendaraan lain yang melintas.

Setelah itu, segera panggil bantuan ambulans dan menyerahkan penanganan korban kepada petugas medis. “Jadi, minimal kita membantu mengamankan lokasi, terus kita membantu memanggilkan orang-orang yang berkompeten untuk bantu kita menolong,” imbuhnya.

Ketika mengalami cedera akibat kecelakaan, Imamul menjelaskan korban umumnya mengeluarkan dua jenis respons. Pertama, dia merasakan kesakitan hingga berteriak. Kedua, korban diam seolah tidak merasakan apa-apa atau bahkan tidak sadarkan diri.

Menurutnya, korban kecelakaan yang tidak mengeluarkan respons apa-apa justru yang lebih berpotensi mengalami cedera fatal apabila ditangani tidak dengan hati-hati, karena si korban tidak dapat mengidentifikasi sumber rasa sakitnya.

“Karena (korban) tidak bisa mengidentifikasi dirinya. Tau-tau cederanya cedera servikal, cedera kepala, cedera leher. Kita pindahkan malah bisa berakibat fatal,” kata Imamul.

Kalaupun korban dalam kondisi cedera yang tidak terlalu buruk dan memungkinkan untuk dipindahkan, Imamul mengingatkan tetap melakukannya secara hati-hati dengan cara yang tepat dan memanggil petugas medis untuk memberikan penanganan lebih lanjut.

“Itu harus lebih hati-hati dan saya sih menyarankan menunggu (petugas medis) aja sambil kita mengamankan lingkungan sekitar. Kalau memang kita bisa pindahkan dalam kondisi baik, pindahkan dengan cara yang tepat,” katanya. (ant/bil/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Jumat, 27 September 2024
30o
Kurs