Kamis, 17 Oktober 2024

BRIN Dorong Sorgum Sebagai Alternatif Makanan Pokok di Hari Pangan Sedunia

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Sorgum disebut sebagai tanaman produktif yang sudah dikenal sebagai bahan pangan sejak zaman dahulu. Foto: Reuters

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mendorong pengembangan sorgum sebagai alternatif makanan pokok di Indonesia, seiring peringatan Hari Pangan Sedunia yang jatuh setiap 16 Oktober.

Achmat Sarifudin Kepala Pusat Riset Teknologi Tepat Guna BRIN menjelaskan, sorgum merupakan tanaman produktif yang sudah dikenal sebagai bahan pangan sejak zaman dahulu.

Ia menyoroti ketergantungan Indonesia pada padi sebagai kurang ideal untuk ketahanan pangan nasional, mengingat negara ini memiliki banyak sumber karbohidrat lain seperti singkong, jagung, dan sorgum.

“Untuk meningkatkan ketahanan pangan nasional, kita perlu diversifikasi sumber karbohidrat,” ujarnya dilansir dari Antara, Rabu (16/10/2024).

Achmat memperkenalkan sorgum sebagai alternatif karbohidrat yang memiliki produktivitas tinggi. Semua bagian tanaman ini, dari biji hingga batang, dapat diolah menjadi berbagai makanan seperti beras sorgum, kue, pasta, serta produk lainnya termasuk gula dan etanol sebagai bahan bakar.

Selain itu, sorgum juga tahan terhadap cuaca ekstrem dan dapat tumbuh di daerah yang kekurangan air. “Kami serius untuk mengembangkan sorgum menjadi salah satu makanan pokok andalan Indonesia di masa depan,” tambahnya.

Saat ini, BRIN sedang mengembangkan teknologi pertanian untuk memaksimalkan pemanfaatan sorgum, baik saat panen maupun pascapanen.

Achmat juga menyatakan bahwa mereka telah menjalin kerja sama dengan universitas dan industri untuk mempercepat pengembangan sorgum di Indonesia. (ant/saf/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Teriknya Jalan Embong Malang Beserta Kembang Tabebuya

Bunga Tabebuya Bermekaran di Merr

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Surabaya
Kamis, 17 Oktober 2024
34o
Kurs