Senin, 16 September 2024

7 Cara Menghilangkan Bibir Hitam agar Makin Percaya Diri

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi warna bibir gelap. Foto: newfemme

Mengoleskan lipstik merah atau pink seringkali jadi cara instan menghilangkan warna bibir hitam yang menurunkan tingkat kepercayaan diri seseorang, khususnya pada wanita. Namun, cara ini hanya bersifat sementara karena lipstik bisa hilang dan bibir menjadi terlihat hitam kembali.

Sebetulnya ada banyak cara mudah dan praktis lainnya yang bisa membuat warna bibir menjadi cerah dan sehat.

Melansir Alodokter, Sabtu (7/9/2024), selain menggunakan lipstik, berikut ini adalah beberapa cara menghilangkan bibir hitam sekaligus cara mencegahnya:

1. Kurangi konsumsi minuman berkafein

Perubahan warna bibir menjadi lebih gelap bisa disebabkan oleh banyak hal. Salah satunya yang mungkin tidak disangka-sangka adalah sering mengonsumsi minuman panas mengandung kafein, seperti kopi atau teh. Mengurangi frekuensi konsumsi minuman tersebut bisa menghilangkan warna gelap atau hitam di bibir.

Lebih baik perbanyak konsumsi air putih. Dengan mengonsumsi air putih setidaknya delapan gelas per hari, kelembapan bibir tetap terjaga sehingga masalah bibir kering dan bibir menghitam bisa diminimalkan.

2. Hindari menggigit dan menjilat bibir

Kebiasaan menggigit dan menjilat bibir terlalu sering juga bisa membuat bibir menjadi berwarna gelap. Oleh karena itu, hilangkanlah kebiasaan buruk ini untuk membuat bibir kembali ke warna semula.

3. Jangan merokok

Tidak hanya menyebabkan munculnya garis-garis kerutan pada area sekitar bibir saja, merokok juga bisa menyebabkan warna bibir menjadi hitam. Hal ini karena panas dari rokok berpotensi membakar kulit bibir. Akibatnya, bibir terluka dan timbul pigmentasi kulit. Inilah yang menyebabkan perokok memiliki warna bibir yang hitam.

4. Lindungi bibir dari sinar matahari

Terlalu sering terpapar sinar matahari ternyata juga berpotensi membuat warna bibir menjadi lebih gelap. Sinar matahari mampu membakar dan membuat bibir menjadi kering, sehingga menjadikannya terlihat lebih gelap.

Untuk mengurangi hal tersebut, tidak ada salahnya mencoba cara menghilangkan bibir hitam dengan rajin mengoleskan tabir surya di bibir. Tabir surya bisa didapatkan dari penggunaan lip balm yang memiliki SPF 30 atau lebih.

5. Periksa kandungan lipstik yang dipakai

Saat membeli lipstik, perhatikan kandungan lipstik yang tertera di label kemasan. Anda disarankan untuk menghindari penggunaan lipstik yang mengandung isopalmityl diglyceryl sebacate, ricinoleic acid, asam lemak dipentaerythritol, dan tar batubara.

Kandungan-kandungan tersebut bisa saja menimbulkan terjadinya reaksi alergi pada bibir yang bisa menyebabkan bibir menjadi hitam.

6. Pijat bibir

Selain menghindari kebiasaan di atas, cara menghilangkan bibir hitam yang ampuh lainnya adalah dengan memijat bibir. Memijat bibir bisa meningkatkan aliran darah ke daerah tersebut sehingga membuat warnanya cerah. Agar lebih efektif, Anda disarankan memakai minyak almon atau es batu saat memijat.

7. Hilangkan sel kulit mati pada bibir

Untuk menghilangkan warna hitam atau gelap di bibir, Anda bisa mengelupas sel kulit mati di bibir menggunakan bahan alami. Caranya, campurkan gula dan madu kemudian oleskan ke bibir secara merata dan gosok bibir perlahan-lahan dengan gerakan melingkar.

Cara tersebut mampu merangsang produksi kolagen baru pada bibir sekaligus memperlambat proses penuaan pada bibir, sehingga bibir terlihat lebih cerah.

Cara menghilangkan bibir hitam di atas bisa Anda coba untuk mendapatkan warna bibir yang lebih cerah. Jika Anda memiliki kebiasaan yang dapat menjadi penyebab bibir hitam, sebaiknya segera hentikan kebiasaan buruk tersebut, agar bibir dapat kembali ke warna asal.

Bila berbagai cara tersebut sudah dilakukan tetapi bibir hitam tak kunjung hilang, Anda bisa berkonsultasi ke dokter. Konsultasi bisa dilakukan dengan mudah melalui Chat Bersama Dokter agar Anda mendapatkan cara menghilangkan bibir hitam yang sesuai. (bil/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Senin, 16 September 2024
28o
Kurs