Rabu, 3 Juli 2024

5 Tips Mengelola Amarah di Lingkungan Kerja

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Penting bagi pemimpin untuk mengendalikan emosi dan menyampaikan kritik dengan konstruktif. Ilustrasi: civilitypartners

Karyawan dapat memperbaiki lingkungan kerjanya menjadi lebih positif sambil pikiran tetap sehat dan tenang dengan menerapkan lima kiat mengelola kemarahan menurut Forbes.

Dilansir dari Antara, derdasarkan hasil studi, kemarahan di tempat kerja adalah emosi negatif yang dapat berpengaruh ke fokus manajer, bawahan, dan rekan kerja, serta berpotensi mengganggu produktivitas.

Hasil studi Sekolah Wharton oleh Maurice Schweitzer dan Jeremy Yip mengungkapkan, kemarahan menyebabkan individu lebih egosentris dan fokus pada kepentingan mereka sendiri, mengganggu pemikiran yang cermat dan mengurangi pengambilan perspektif.

Pengambilan perspektif yang terganggu dapat menyebabkan spiral konflik, di mana kemarahan membuat lebih sulit untuk menyelesaikan konflik, justru malah dapat mengeskalasi konflik.

Untuk mengelola kemarahan, maka penting untuk: pertama, memahami pemicu kemarahan; kedua, mengembangkan strategi penanggulangan; ketiga, mengubah pola pikir; keempat, berlatih pemecahan masalah; kelima, berinvestasi untuk perawatan diri (self-care).

Memahami pemicu kemarahan, seperti dengan menuliskan keadaan yang menyebabkan Anda merasakan emosi yang kuat. Membuat jurnal juga membantu Anda menunjukkan gejala kemarahan fisik, seperti otot tegang atau detak jantung cepat.

Seiring waktu, Anda akan mulai melihat pola dan mengantisipasi situasi yang mungkin memicu kemarahan. Menulis tentang pengalaman Anda juga akan membantu memproses emosi lebih produktif.

Mengembangkan mekanisme penanggulangan, seperti dengan latihan teknik pernapasan melibatkan langkah dasar, bernapas dan menghembuskan napas, yang masing-masing diselingi menahan napas selama empat detik agar pikiran santai, bersih dari stres.

Mengubah pola pikir, mulai dengan komunikasi intrapersonal, mengganti keyakinan negatif dengan penggunaan bahasa dan pikiran yang positif di dalam diri sendiri.

Berlatih pemecahan masalah, seperti dengan menetapkan batas-batas argumentasi yang sehat dengan tenang, memberi tahu lawan bicara bahwa Anda sudah memiliki komitmen.

Atau Anda dapat membantu mereka kali ini tetapi beri tahu mereka bahwa Anda memiliki kewajiban pribadi setelah bekerja yang merupakan prioritas. Dengan menganalisis situasi, Anda dapat mengurangi kemarahan dan fokus pada perilaku konstruktif.

Berinvestasi untuk perawatan diri di luar pekerjaan, seperti dengan berkegiatan sehat yaitu olah raga, yoga atau hobi untuk mengurangi stres.

Hal ini juga membantu memelihara sistem pendukung yang kuat. Temukan teman dan keluarga tepercaya untuk berbagi perasaan Anda.

Jika kemarahan Anda di tempat kerja tampaknya meningkat, pertimbangkan untuk mencari bantuan profesional dari terapis atau konselor.

Dengan menjaga kesejahteraan mental dan fisik, Anda akan membangun ketahanan dan kepercayaan diri. (ant/saf/ipg)

Berita Terkait

..
Surabaya
Rabu, 3 Juli 2024
28o
Kurs