Jumat, 5 Juli 2024

5 Tempat Wisata Viral dan Gratis di Surabaya, Cocok untuk Liburan Sekolah

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Wisata pendidikan Museum de Javasche Bank Surabaya jadi alternatif wisata gratis selama liburan sekolah. Foto: Instagram/surabaya.

Memasuki waktu liburan anak sekolah, ada sejumlah wisata gratis di Surabaya yang bisa dikunjungi bersama keluarga.

Memanfaatkan waktu liburan anak sekolah, tak selalu dihabiskan dengan mengunjungi tempat-tempat berbayar di luar kota maupun dalam kota.

Seperti di Surabaya misalnya. Masih ada beberapa tempat yang tidak ditarik biaya masuk, agar masyarakat tetap bisa menikmatinya.

Tidak hanya wisata sejarah, ada pula wisata pendidikan hingga pameran dengan tokoh kartun kesukaan anak-anak.

Berikut ini lima tempat wisata viral dan gratis di Surabaya, yang bisa dikunjungi selama liburan anak sekolah

1. Kota Lama

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya telah meresmikan wisata Kota Lama Surabaya yang mencakup beberapa wilayah seperti, sepanjang Jalan Rajawali, Jalan Kembang Jepun, hingga kawasan Ampel.

Wisata Kota Lama Surabaya terbagi menjadi tiga zona berbeda, yang bisa dinikmati masyarakat seperti, Zona Eropa, Zona Pecinan, dan Zona Arab.

Salah satu sudut di Kota Lama Surabaya yang siap menjadi lokasi wisata baru di Kota Pahlawan. Foto: Diskominfo Kota Surabaya

Masing-masing zona bisa dinikmati tanpa harus mengendari kendaraan pribadi. Bisa dengan naik transportasi wisata berbayar di antaranya becak listrik, sepeda listrik, becak kuno, dan sepeda kuno.

2. Museum de Javasche Bank

Museum milik Bank Indonesia ini terletak tidak jauh dari Wisata Kota Lama Surabaya, tepatnya di kawasan Krembangan, dekat dengan Jembatan Merah.

Wisata pendidikan Museum de Javasche Bank Surabaya jadi alternatif wisata gratis selama liburan sekolah. Foto: Bangga Surabaya

Jadi, ketika sedang berwisata di kawasan Kota Lama, bisa sekaligus mengunjungi museum tersebut.

Di Museum de Javasche Bank, pengunjung bisa melihat interior tua yang ada di dalamnya. Sekaligus mengajarkan anak-anak mata uang kuno yang pernah beredar di Indonesia pada zaman dahulu.

3. Kebun Raya Mangrove

Masih dengan tema pendidikan, Kebun Raya Mangrove menyajikan wisata yang berbeda.

Salah satu spot yang Instagramable di Kebun Raya Mangrove Surabaya, Senin (15/4/2024). Foto: Ikke magang suarasurabaya.net

Bentuk wisata yang ada di kawasan Medokan Ayu ini adalah alam terbuka. Sehingga anak-anak bisa lebih banyak eksplor mengenai alam di sana.

Di Kebun Raya Mangrove juga ada perahu wisata. Tapi, untuk bisa menikmati perahu wisata tersebut, pengunjung harus mengeluarkan kocek.

4. Taman Grand Harvest

Taman Grand Harvest menjadi salah satu jujukan wisata di kawasan Wiyung, yang belum lama ini viral di media sosial.

Taman Grand Harvest Surabaya menjadi salah satu jujukan tempat wisata selama liburan anak sekolah. Foto: Instagram Grand Harvest

Di tempat tersebut, memang tak banyak wahana yang disajikan untuk anak-anak, tapi masih cocok untuk dikunjungi keluarga sambil melihat matahari terbenam.

5. Pameran Disney Pixar Carnival

Bagi anak-anak yang suka dengan tokoh kartun Disney Pixar, Pakuwon Mall dan Pakuwon City Mall bisa jadi salah satu alternatif wisata yang bisa dikunjungi.

Pameran Disney Pixar digelar di kedua mal tersebut sejak tanggal 20 Juni hingga 21 Juli 2024 mendatang.

Pameran Disney Pixar di Pakuwon Mall Surabaya. Foto: Tangkapan layar YouTube Mie Ayam Rombong Biru

Meski kedua mal tersebut menghadirkan pameran yang sama, baik Pakuwon Mall atau Pakuwon City Mall, membuat konsep yang berbeda.

Di Pakuwon Mall, pameran diadakan di dalam ruangan, tepatnya di Grand Atrium Lantai LG. Sementara di Pakuwon City Mall diadakan di ruang terbuka.(kir/iss)

Berita Terkait

..
Surabaya
Jumat, 5 Juli 2024
28o
Kurs