Jumat, 20 September 2024

4 Tips Aman Mengendarai Mobil Listrik Dalam Berbagai Kondisi Cuaca

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi fasilitas pengisian daya mobil listrik. Foto: Pixabay

Mobil listrik kini telah menjadi salah satu pilihan utama untuk mendukung mobilitas sehari-hari, baik untuk perjalanan dalam kota maupun antar-kota.

Produsen mobil listrik terus menawarkan beragam model dengan berbagai keunggulan dalam desain, serta fitur yang mendukung keamanan dan kenyamanan berkendara.

Meskipun demikian, penting untuk melakukan pemeriksaan kendaraan dan mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan agar perjalanan dengan mobil listrik berjalan aman dan nyaman dalam berbagai kondisi.

Dilansir dari Antara pada Senin (19/8/2024), berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan perjalanan menggunakan mobil listrik:

1. Pastikan Kapasitas Baterai Cukup
Pengendara bisa menghadapi berbagai kondisi jalan dan cuaca selama perjalanan. Terkadang, pengendara harus menghadapi hujan dan kemacetan panjang.

Oleh karena itu, pastikan untuk memeriksa baterai kendaraan sebelum berangkat. Sebaiknya isi daya baterai hingga penuh atau minimal 80 persen untuk mengurangi risiko kehabisan daya saat cuaca atau kondisi jalanan tak mendukung.

2. Periksa Kondisi Ban
Cuaca dan kondisi jalan yang buruk dapat meningkatkan risiko kecelakaan, terutama jika kondisi ban tidak optimal.

Periksa tekanan udara dalam ban secara rutin dan pastikan ban memiliki daya cengkeram yang baik. Saat musim hujan, pastikan permukaan ban dalam kondisi ideal untuk menghindari tergelincir di jalan yang licin.

3. Gunakan Mode Berkendara yang Sesuai
Ketika cuaca buruk, seperti hujan atau kabut tebal, pengemudi disarankan untuk menggunakan mode berkendara yang lebih aman, yang dapat memberikan kontrol lebih baik dan mengurangi risiko kecelakaan.

4. Siaga saat Cuaca Hujan
Kondisi cuaca dapat mempengaruhi kenyamanan dan keamanan saat berkendara. Pastikan mobil listrik yang digunakan dilengkapi dengan fitur-fitur keselamatan yang memadai untuk memaksimalkan keamanan di jalan. (ant/saf/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Jumat, 20 September 2024
24o
Kurs