Kamis, 19 September 2024

Mobil Tanpa Awak Pony.ai Akan Diuji Coba di California

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Mobil Pony.ai dengan fitur autopilot Foto: Antara

Departemen Kendaraan Bermotor California (DMV) mengizinkan kendaraan tanpa pengemudi Pony.ai diujicoba di tiga kota. Demikian dilansir Antara, Minggu (23/5/2021).

Ada enam jalan yang mejadi lokasi uji coba, yakni Jalan Fremont, Jalan Alameda Country, Jalan Santa Clara Country, Jalan Milpitas, Jalan Irvin, dan Jalan Orange Country.

Mobil yang digerakkan kecerdasan buatan itu dibolehkan melaju tanpa pengemudi dengan catatan tidak boleh melebihi kecepatan 45 mil per jam atau kurang dan hanya boleh dilakukan saat cuaca cerah di siang hari.

Uji coba pertama akan digelar di hari kerja pukul 10.00 pagi waktu setempat sampai pukul 15.00 siang. DMV mencatat setidaknya ada 55 perusahaan yang mengajukan izin uji coba kendaraan tanpa pengendara.

Meski demikian, Pony.ai menjadi salah satu dari delapan perusahaan lainnya yang menerima izin untuk uji coba kendaraan pintarnya tanpa melibatkan pengemudi manusia.

Delapan perusahaan lainnya adalah AutoX, Zoox, Baidu, WeRide, US companies Cruise, Nuro dan Waymo. Nuro menjadi satu-satunya perusahaan yang sudah punya izin operasi kendaraannya secara komersial tanpa didampingi awak sopir.

Untuk diketahui, Pony.ai merupakan perusahaan rintisan yang dikembangkan di Guangzhou, China dan Silicon Valley, dan kini ditaksir memiliki nilai 3 miliar dolar AS.

Perusahaan itu mengaku akan menjadi penyedia layanan angkutan mobil daring tanpa awak sopir atau terautomasi pertama di China.(ant/frh/den)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Kamis, 19 September 2024
29o
Kurs