Kamis, 19 September 2024

Stres Memicu Diabetes, Begini Penjelasan Ahli

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ilustrasi.

Dokter Sonia Wibisono seorang praktisi kesehatan mengatakan, stres yang disebabkan faktor lingkungan dan tempat tinggal yang tidak sehat bisa menjadi salah satu pemicu penyakit diabetes.

Sonia mengatakan, saat seseorang stres, kelenjar pituitari di dalam otak menurunkan produksi hormon serotonin. Serotonin adalah hormon yang teramat kompleks dengan banyak tugas, misalnya mengatur mood, mempengaruhi kelenjar pankreas, mengeluarkan insulin, dan lain-lain.

“Saat stres, produksi serotonin berkurang. Maka kemampuannya untuk meningkatkan produksi insulin berkurang. Akibatnya hormon insulin pun minim,” katanya dalam talkshow dan seminar kesehatan “Menghindari Diabetes dengan Hidup Bebas Stres” di Podomoro Pavilion, di Bandung, lansir Antara, Senin (29/1/2018).

Insulin, kata Sonia, adalah hormon yang diproduksi pankreas untuk mengatur atau menurunkan kadar glukosa dalam darah. Insulinlah yang membantu agar glukosa masuk ke dalam sel-sel yang membutuhkan glukosa di dalam tubuh untuk terus hidup.

“Sederhananya, insulin membuat kadar gula darah seseorang stabil. Nah, saat kita stres, hormon serotonin diproduksi dalam jumlah sedikit, insulin otomatis berkurang, dan ini mengurangi kemampuannya menetralisir gula darah. Karena darah kekurangan pasokan insulin, glukosa darah akan tetap berada pada aliran darah tanpa bisa memasuki dinding sel, maka terjadilah kenaikan gula darah,” kata dia.

Dia pun menyarankan, seseorang selalu berpikir positif dan iklhas untuk menghindari stres, serta melakukan kegiatan-kegiatan yang membuat gembira. Misalnya olahraga, mengerjakan hobi, bergaul dengan teman, serta melakukan aktivitas yang dekat dengan alam.

Sebuah penelitian oleh Geisinger Health System di Danville, Pennsylvania, Amerika Serikat menyatakan, lingkungan memiliki dampak besar terhadap para penderita diabetes.

Survei yang melibatkan 15.308 responden pasien diabetes menyebutkan, mereka yang tinggal di lingkungan tidak sehat memicu perkembangan diabetes menjadi lebih buruk.

Hasil survei yang dipublikasikan awal tahun ini menjadi bagian dari penelitian sejauh mana dampak tempat tinggal terhadap penyakit yang diderita.(ant/iss/den)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Kamis, 19 September 2024
27o
Kurs