Minggu, 6 Oktober 2024

Warga Lamongan Mengeluh soal Air Bersih, Risma Cagub Jatim Tawarkan Teknologi Penyulingan

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Tri Rismaharini Calon Gubernur (Cagub) Jatim nomor urut 3 saat menghadiri pengajian akbar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Dusun Kepuh, Margoanyar, Glagah, Lamongan. Foto: Istimewa

Tri Rismaharini Calon Gubernur (Cagub) Jatim Nomor Urut 3 mendengarkan keluhan warga Desa Margoanyar, Glagah, Lamongan, Jawa Timur yang kesulitan mengakses air bersih, terutama waktu musim kemarau.

Hal itu berlangsung setelah Risma diundang dalam pengajian akbar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, di Dusun Kepuh, Margoanyar, Sabtu (5/10/2024) malam.

Menanggapi keluhan warga, Risma menawarkan solusi berupa penggunaan teknologi penyulingan atau Reverse Osmosis (RO) yang bisa membuat air jadi layak minum.

Menurutnya, teknologi tersebut bisa menjadi solusi jangka panjang untuk mengatasi masalah kekurangan air bersih di daerah-daerah yang dekat dengan pesisir.

“Saya sudah buktikan selama menjadi Mensos dengan menggunakan Penyulingan RO yang dikombinasikan dengan filter untuk mengatasi permasalahan logam berat,” kata Risma dalam keterangannya, Minggu (6/10/2024).

Dia menyebut, di Jakarta sudah ada lima titik. Selain itu, di Aceh, Nusa Tenggara Timur (NTT) hingga Papua, juga sudah ada puluhan instalasi pengolahan air bersih dan air minum.

Lebih lanjut, kata dia, teknologi penyulingan RO tidak hanya mampu menghasilkan air bersih dan air layak minum saja, tetapi juga bisa membantu mengurangi ketergantungan pada sumber air tanah yang semakin menipis.

Proses Penyulingan RO menggunakan teknologi desalinisasi, yang bertujuan mengubah air laut atau payau menjadi air yang layak dikonsumsi.

Pihaknya berharap, upaya tersebut bisa segera terealisasi untuk membantu warga memenuhi kebutuhan air bersih.

InsyaAllah kalau Tuhan memberi amanah kepada saya, akan membuat instalasi pengolahan air bersih dan air minum, sehingga bisa dimanfaatkan warga Lamongan,” tandasnya.(ris/bil/rid)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Minggu, 6 Oktober 2024
34o
Kurs