Jumat, 20 September 2024

Vladimir Putin Nyatakan Rusia Dukung Kamala Harris di Pilpres AS

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Vladimir Putin Presiden Rusia. Foto: Anadolu/Antara

Vladimir Putin Presiden Rusia pada, Kamis (5/9/2024), menyatakan pemerintahannya mendukung Kamala Harris Calon Presiden Amerika Serikat (AS) dalam pemilihan presiden (Pilpres). Dukungan itu berdasarkan rekomendasi Joe Biden Presiden AS saat ini.

“Saya menyatakan bahwa presiden saat ini, Biden, adalah favorit kami. Dia (Biden) dikeluarkan dari pencalonan, tetapi dia merekomendasikan agar semua pendukung menyokong Harris,” kata Putin seperti dilansir Antara dari Sputnik.

“Jadi kami akan melakukan hal yang sama, kami akan mendukungnya (Harris),” kata Presiden Rusia itu, saat berpidato pada Forum Ekonomi Timur (EEF) di Kota Vladivostok.

Putin menyadari bahwa Rusia bukanlah pihak yang berhak menentukan kandidat favorit pemilihan Presiden AS. Menurutnya presiden baru AS akan menjadi pilihan warga Amerika sendiri.

Ia menyebut Donald Trump mantan Presiden AS yang juga kembali ikut dalam Pilpres telah menjatuhkan sejumlah besar sanksi terhadap Rusia. Karenanya, Putin berharap Harris tidak akan mengikuti jejak Trump seperti itu.

“Trump telah menerapkan begitu banyak pembatasan dan sanksi terhadap Rusia, yang belum pernah diterapkan oleh presiden mana pun sebelumnya. Dan jika Harris baik-baik saja, mungkin dia akan menahan diri dari tindakan semacam ini,” kata Putin. (ant/bil/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Jumat, 20 September 2024
24o
Kurs