Jumat, 18 Oktober 2024

Tiga Srikandi Menyatakan Kesiapan Jelang Debat Perdana Pilgub Jatim 2024

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Ilustrasi tiga srikandi Calon Gubernur Sidoarjo. Grafis: Bram suarasurabaya.net

Tiga Srikandi Calon Gubernur Jawa Timur bakal (Cagub Jatim) melakoni debat perdana Pilgub Jatim 2024, Jumat (18/10/2024) malam ini, pukul 19.30 WIB di Graha Unesa, Surabaya.

Tema yang dibahas dalam debat nanti adalah “Transformasi Sosial dan Peningkatan Produktifitas Sumber Daya Lokal Untuk Kesejahteraan Masyarakat Jawa Timur”.

Luluk Nur Hamidah Cagub nomor urut 1 mengaku siap menghadapi debat perdana nanti malam. Dia mengaku akan mengalir saja dalam debat kali ini.

“Persoalan debat, kita mengalir saja. Untuk itu, saya Insya Allah siap,” kata Luluk singkat.

Kader PKB itu mengaku tidak ada persiapan khusus dalam debat perdana ini. Ia yakin sudah menguasai materi sesuai tema debat.

Luluk berharap, debat perdana ini bisa menyuguhkan politik berkualitas, bukan untuk saling serang dan menjatuhkan satu sama lain.

Selain itu, imbuh Luluk, panggung debat ini diharapkan bisa memberi ruang bagi masyarakat untuk memilih calon pemimpinnya.

“Semoga bisa menjadi ruang untuk memberikan penilaian yang objektif,” katanya.

Sementara itu Khofifah Indar Parawansa Cagub nomor urut 2 menyatakan siap tampil prima bersama Emil Elistianto Dardak wakilnya, dalam debat perdana Pilgub Jatim nanti malam.

“Insya Allah kita bersama-sama Mas Emil dan tim, bismillah Insya Allah kita siap tampil prima dalam debat,” kata Khofifah di Sidoarjo, Kamis kemarin.

Sedangkan Tri Rismaharini Cagub nomor urut 3 mengaku tidak ada persiapan khusus dalam menghadapi debat perdana Pilgub Jatim ini.

Risma mengatakan dirinya hanya berdoa jelang menghadapi debat Pilgub Jatim ini. Dia mengaku tidak terlalu memikirkan debat ini. Menurut kader PDIP itu, yang menjadi fokusnya adalah menangani masalah yang ada di masyarakat.

“Justru yang dipikir ialah bagaimana menangani masalah yang ada di masyarakat,” tuturnya.

Di sisi lain, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim telah menunjuk tujuh panelis untuk debat perdana Pilgub Jatim dari kalangan akademisi.

Tujuh panelis itu debat besok antara lain, Achmad Muhibin Zuhri sebagai Ahli Pendidikan Agama dari Fakultas Tarbiyah & Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya; Muhammad Syarif selaku Ahli Manajemen dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trunojoyo Madura.

Kemudian Adhitya Wardhono Ahli Ekonomi Pembangunan dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember; lalu Sasongko Budisusetyo Ahli Akuntansi dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hayam Wuruk Perbanas Surabaya.

Selanjutnya ada Ahmad Imron Rozuli sebagai Ahli Sosiologi Ekonomi dan Kelembagaan dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya; dr Hidayatullah sebagai Ahli Kesehatan dari Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Maarif Hasyim Latif Sidoarjo; terakhir Rina Wahyu Setyaningrum selaku Ahli Pendidikan Bahasa sebagai Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang.

Sebagai informasi, Pilkada Jatim 2024 diikuti oleh tiga pasangan calon. Antara lain Luluk Nur Hamidah dan Lukmanul Khakim Cagub Cawagub Jatim nomor urut 1 yang diusung PKB.

Kemudian, Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak Cagub-Cawagub Jatim nomor urut 2 diusung oleh koalisi besar 15 partai. Yakni PAN, Gerindra, Golkar, Demokrat, PPP, PSI, PKS, Perindo, Nasdem, Partai Buruh, Partai Gelora, PBB, PKN, Partai Garuda dan Partai Prima (tak lolos verifikasi).

Serta duet Tri Rismaharini dan Zahrul Azhar Asumta atau Gus Hans Cagub-Cawagub Jatim nomor urut 3 diusung PDIP dan Hanura. (wld/bil)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Teriknya Jalan Embong Malang Beserta Kembang Tabebuya

Bunga Tabebuya Bermekaran di Merr

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Surabaya
Jumat, 18 Oktober 2024
36o
Kurs