Selasa, 15 Oktober 2024

Survei: Khofifah-Emil Berada di Puncak, Risma-Gus Hans Berpeluang Menyaingi

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Luluk Nurhamidah dan Lukmanul Khakim Calon Gubernur dan Wakil Gubernu Jawa Timur nomor urut 01, Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim nomor urut 02, dan Tri Rismharini dan Zahrul Azhar Asumta Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim nomor urut 03, saat pengundian nomor urut di Surabaya, Senin (23/9/2024). Foto: Wildan Pratama suarasurabaya.net

Lembaga survei Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) merilis hasil elektabilitas terbaru para kandidat calon gubernur dan wakil gubernur (Cagub-Cawagub) Jatim 2024.

Hasilnya, Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak Cagub-Cawagub nomor urut 2 masih dominan dengan 63,4 persen.

“Khofifah-Emil unggul atas dua paslon lain Risma-Gus Hans dan Luluk-Lukmanul,” kata Baihaki Sirajt Direktur ARCI dalam keterangannya, Selasa (15/10/2024).

Kemudian di urutan dua disusul Tri Rismaharini dan KH Zahrul Azhar Asumta Cagub Cawagub nomor urut 3 di angka 27,1 persen.

Kemudian Luluk Nur Hamidah dan Lukmanul Khakim (LUMAN) Cagub-Cawagub nomor urut 1 di angka 2,8 persen.

Sementara itu, Baihaki menyebut masih ada Ada 6,7 persen responden yang belum menentukan pilihan kepada tiga paslon tersebut.

Lebih lanjut Baihaki membeberkan untuk simulasi metode top of mind alias pertanyaan spontan, pasangan Khofifah-Emil meraih elektabilitas 50,7 persen.

Kemudian Risma-Gus Hans di angka 17,7 persen, dan LUMAN di angka 1,2 persen. Sedangkan ada 30,4 persen responden belum menentukan pilihan.

Baihaki mengatakan elektabilitas Khofifah-Emil terus naik. Menurutnya, pemilih yang belum menentukan pilihan berpotensi akan cenderung ke Khofifah-Emil.

“Tren elektabilitas Khofifah-Emil terus naik. Hampir sebagian besar undicided voters yang sebelumnya di angka 15 persenan, perlahan mulai berkurang dan cenderung memilih ke Khofifah-Emil,” tegasnya

Untuk diketahui, survei ARCI dilakukan pada 1-9 Oktober 2024. Survei dilakukan di 38 kabupaten/kota Jawa Timur dengan jumlah responden sebanyak 1.200.

Survei ARCI menggunakan metode stratified multistage random sampling dengan margin of error di angka 2,8 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Baihaki mengklaim, survei menggunakan dana secara mandiri.

Sementara itu menurut lembaga survei Indikator Politik Indonesia yang merilis elektabilitas tiga pasangan cagub-cawagub Jatim pada Minggu (29/9/2024) juga menunjukkan hasil urutan serupa.

Dalam simulasi tiga pasangan calon, elektabilitas Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak Cagub-Cawagub nomor urut 2 masih berada di puncak yang mencapai 61,2 persen.

Kemudian disusul pasangan Tri Rismaharini dan Zahul Azhar Asumta atau Gus Hans Cagub-Cawagub nomor urut 3 dengan 26 persen.

Serta Luluk Nur Hamidah dan Lukmanul Khakim Cagub-Cawagub nomor urut 1 dengan elektabilitas 2,2 persen.

Burhanuddin Muhtadi Direktur Indikator Politik Indonesia mengatakan, Risma berpeluang menyaingi Khofifah karena memiliki jejak pengalaman sebagai Wali Kota Surabaya dan Menteri Sosial.

Sedangkan untuk Luluk dan Lukman, Burhanuddin menyebut tim suksesnya harus menggenjot upaya sosialisasi paslon supaya lebih dikenal masyarakat.

“Untuk Mbak Risma relatif punya peluang menyaingi Mbak Khofifah. Buat Mbak Luluk kalau ingin menaikkan elektabilitas tingkat dikenalan Mbak Luluk maupun Lukmanul Khakim harus lebih digenjot semaksimal mungkin,” ujar Burhanuddin melalui live youtube, Minggu sore.(wld/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Teriknya Jalan Embong Malang Beserta Kembang Tabebuya

Bunga Tabebuya Bermekaran di Merr

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Surabaya
Selasa, 15 Oktober 2024
32o
Kurs