Sabtu, 19 Oktober 2024

Risma Tegaskan Urgensi Tanamkan Nilai Toleransi dan Budaya di Kalangan Pelajar

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Tri Rismaharini Cagub Jatim nomor urut 3 waktu ditemui sesudah debat perdana Pilgub Jatim di Graha Unesa, Jumat (18/10/2024). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Tri Rismaharini Calon Gubernur Jawa Timur (Cagub Jatim) nomor urut 3 menyebut pentingnya menanamkan nilai toleransi keagamaan dan budaya di kalangan siswa usai mengikuti debat perdana Pilgub Jatim, di Graha Unesa, Jumat (18/10/2024).

Menurut kader PDI Perjuangan itu, perlu proses yang panjang untuk menanamkan nilai toleransi kepada pelajar. Sebab, upaya itu perlu melibatkan peran tenaga pendidik seperti guru agama hingga formal.

“Kebetulan provinsi itu kalau SMA/SMK memang agar berat, karena karakter itu sudah mulai terbentuk. Itu bukan tidak bisa. Kita bisa titip-kan itu ke para guru-guru agama, guru ngaji, guru guru informal,” kata Risma di Graha Unesa, Jumat malam.

Risma mengatakan, nilai toleransi di kalangan pelajar bukan sebatas mencerminkan hormat kepada orang yang lebih tua, melainkan memahami perbedaan, disiplin, hingga menghargai budaya.

“Iya, bisa (dilakukan dan diubah). Cuma memang karena anak itu sudah mulai terbentuk saat SMA, tapi bukan berarti dia tidak bisa. Dengan memberikan contoh, mungkin bisa kita ubah,” ujar dia.

Seperti diketahui, dalam Pilkada Jatim 2024 ini, ada tiga pasangan calon, yaini nomor urut 1 ada Luluk Nur Hamidah dan Lukmanul Khakim, yang diusung oleh PKB.

Pasangan calon nomor urut 2, ada Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak yang diusung oleh PAN, Gerindra, Golkar, Demokrat, PPP, PSI, PKS, Perindo, Nasdem, Partai Buruh, Partai Gelora, PBB, PKN, Partai Garuda dan Partai Prima (tak lolos verifikasi).

Dan pasangan calon nomor urut 3, ada Tri Rismaharini dan Zahrul Azhar Asumta atau Gus Hans yang diusung PDIP dan Hanura. (wld/bil/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Teriknya Jalan Embong Malang Beserta Kembang Tabebuya

Bunga Tabebuya Bermekaran di Merr

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Surabaya
Sabtu, 19 Oktober 2024
34o
Kurs