Senin, 16 September 2024

Risma Optimistis Bisa Maksimalkan Perekonomian Jatim Berbekal Pengalaman Jadi Mensos

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Tri Rismaharini Calon Gubernur Jawa Timur ketika melayani pertanyaan dari awak media di Surabaya, Sabtu (7/9/2024). Foto: Istimewa

Tri Rismaharini calon gubernur Jawa Timur (Jatim) optimistis bisa memaksimalkan perekonomian di Jawa Timur berbekal pengalaman jadi Menteri Sosial RI.

Pola adopsi itu pernah dilakukan saat awal menjabat Mensos, Risma meniru program Pahlawan Ekonomi yang dijalankannya ketika memimpin Kota Surabaya. Program itu fokus mengentas kemiskinan dan menaikkan perekonomian keluarga.

Sekarang, ia sudah membayangkan untuk memaksimalkan perekonomian di Jatim dengan melihat potensi masing-masing kabupaten kota.

“Saya tahu sebetulnya ada banyak yang bisa dimaksimalkan. Misal Sidoarjo apa, Madura apa, itu saya sudah punya bayangan kira-kira akan menjadi seperti apa,” kata Risma di Posko Pemenangan Risma-Gus Hans Jalan Gayungsari Barat Nomor 10, Surabaya pada Sabtu (7/9/2024).

Risma optimistis produk lokal di daerah-daerah bisa menembus pasar ekspor dengan penanganan yang tepat.

“Sehingga kalau itu di treatment sedikit saja, saya yakin. Saya bukan sombong, semua keputusan di tangan Tuhan, tapi saya yakin bisa menembus ke ekspor,” tambahnya.

Risma yakin, dengan programnya, Pahlawan Ekonomi Nusantara yang sudah masuk program pemerintahan bisa membantu karena terbukti efektif mengentaskan kemiskinan.

“Kita ikut saja, hanya mungkin penanganan, treatment beda sedikit (antara pusat dengan provinsi),” ujarnya.

Salah satu yang perlu diperhatikan di Jawa Timur, lanjutnya, akses produksi, dan akses pasar.

“Ini nggak bisa. Kemarin saya buatkan pabrik es mini agar mereka bisa simpan di es agar lebih awet. Ada pengolahan ikan dan sebagainya, ini dilatih. Di NTT, pulau di Ambon kita ajari bagaiamana mengolah ikan. Sehingga supply dan demand ikan fresh ikan bisa tercapai,” tandasnya. (lta/saf/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Senin, 16 September 2024
27o
Kurs