Kamis, 19 September 2024

Risma Janjikan Bangun Jalan Baru Gresik-Tuban untuk Dorong Pertumbuhan Ekonomi

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Tri Rismaharini dan Zahrul Azhar Asumta atau Gus Hans atau Gus Hans Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim waktu di DPC PDI Perjuangan Tuban, Selasa (17/9/2024). Foto: Istimewa

Tri Rismaharini Bakal Calon Gubernur Jawa Timur berjanji membangun jalan baru penghubung Kabupaten Tuban dan Gresik untuk mendorong pertumbuhan ekonomi.

Hal itu diutarakan Risma waktu berpidato di acara Rapat Kerja Cabang Khusus (Rakercabsus) DPC PDIP Kabupaten Tuban, Selasa (17/9/2024).

Dalam pidato politiknya, Risma menyebut Tuban merupakan wilayah pesisir yang strategis sedangkan Gresik menjadi sektor baru pertumbuhan industri. Kedua wilayah itu dinilai punya potensi besar untuk mendongkrak perkonomian masyarakat.

Namun ia menyoroti infrastruktur jalan penghubung Gresik dan Tuban saat ini masih belum memadai untuk mendukung kemajuan kedua wilayah tersebut.

Persoalan yang disoroti Risma, adalah kondisi kepadatan lalu lintas. Menurut Politikus PDI Perjuangan itu, faktor tersebut menghambat potensi peningkatan ekonomi.

“Beberapa jalur masih terhambat karena kondisi lalu lintas yang padat. Di Tuban sangat padat, dan Lamongan juga sama. Insya Allah, kita siap membangun jalan yang menghubungkan Gresik hingga Tuban,” ujar Risma di Tuban.

Rencana membangun jalan baru pengubung Tuban-Gresik itu, diharapkan Risma bisa memangkas waktu tempuh serta meningkatkan efisiensi distribusi produk industri dan hasil bumi.

Mantan Menteri Sosial itu menyebut, apabila akses Gresik dan Tuban tidak ada hambatan, maka akan tercipta pertumbuhan ekonomi di Jawa Timur.

Selain membahas rencana infrastruktur, Risma menekankan pentingnya meningkatkan akses ke wilayah-wilayah dengan potensi ekonomi yang besar namun masih terkendala oleh keterbatasan infrastruktur.

“Kita ingin memastikan semua daerah terhubung dengan baik, sehingga pertumbuhan ekonomi di Jatim bisa merata,” ucap Risma.

Risma menyadari potensi perikanan di Tuban yang besar tapi belum diperhatikan sehingga belum dirasakan oleh masyarakat.

Oleh karena itu, andai Risma terpilih menjadi gubernur Jatim, ia berencana membuat program pendidikan kejuruan setara SMA yang berfokus pada bidang perikanan.

“InsyaAllah, kita hanya butuh lahan, dan kita akan membangun SMA perikanan yang modern, supaya anak-anak kita tertarik untuk menekuni bidang perikanan,” tutup Risma.

Sebagai informasi, hadir dalam Rapat Kerja Cabang Khusus (Rakercabsus) antara lain adalah KH Zahrul Azhar Asumta atau Gus Hans Bacawagub Jawa Timur, Andhi Hartanto Ketua DPC PDIP Kabupaten dan Aditya Halindra Faridzky dan Joko Sarwono Pasangan Bacabup-Bacawabup Tuban.(wld/iss/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Kamis, 19 September 2024
34o
Kurs