Selasa, 17 September 2024

Risma-Gus Hans Ziarah ke Makam Sunan Ampel Jelang Pilkada

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Tri Rismaharini Bakal Calon Gubernur Jatim waktu ditemui di kompleks Sunan Ampel sesudah ziarah, Kamis (5/9/2024). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Tri Rismaharini dan Zahrul Azhar Asumta atau Gus Hans Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur kembali ke Kota Surabaya dengan agenda ziarah ke makam Sunan Ampel di Surabaya, Kamis (5/9/2024) siang.

Begitu tiba di area makam, Risma bersama Gus Hans langsung duduk di depan pusara Sunan Ampel sambil membaca doa dan ayat Alquran.

Mantan Wali Kota Surabaya itu mengaku sering berziarah ke makam Sunan Ampel. Risma juga mengaku dirinya cukup dekat dengan keluarga pengelola makam.

“Saya sering ke sini, karena kebetulan saya dekat dengan keluarga di sini. Saya sering (menghadiri) beberapa acara di sini,” tutur Risma.

Risma menuturkan, kunjungan ke makam Sunan Ampel Kamis siang ini merupakan lanjutan ziarah ke beberapa makam tokoh, yang sebelumnya ke makam Mbah Bungkul lebih dulu.

“Sekarang juga mohon restu kepada Allah dan saya mendoakan di sini. Biasanya urutan saya memang Bungkul, Ampel. Setiap saya salat juga selalu baca Al-Fatihah untuk beliau-beliau,” katanya.

Politikus PDIP itu enggan mengungkap secara spesifik seperti apa doanya. Risma mengaku hanya bisa berikhtiar sebagai seorang manusia.

“Ya doa saja. Semua saya serahkan kepada Allah. Karena saya sebagai manusia tugas saya hanya berikhtiar. Keputusan ada di tangan Allah,” ujar dia.

Sesudah ziarah ke makam Sunan Ampel, rencananya Risma dan Gus Hans melanjutkan peejalanannya ke Pulau Madura.

“InsyaAllah Gus Hans ke Madura. Saya ke Madura tapi tempatnya terpisah,” tandasnya.

Sebagai informasi, Pilkada Jawa Timur 2024 diikuti oleh tiga bakal pasangan calon (paslon). Pertama adalah pasangan petahana Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak.

Mereka diusung oleh koalisi besar 15 partai. Yakni PAN, Gerindra, Golkar, Demokrat, PPP, PSI, PKS, Perindo, Nasdem, Partai Buruh, Partai Gelora, PBB, PKN, Partai Garuda dan Partai Prima (tak lolos verifikasi).

Kemudian pasangan Tri Rismaharini-Zahrul Azhar Asumta diusung PDIP dan Hanura. Serta duet Luluk Nur Hamidah-Lukmanul Hakim yang diusung PKB. (wld/kir/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Selasa, 17 September 2024
25o
Kurs