Kamis, 4 Juli 2024

PKB Buka Kans Satu Koalisi Bersama PDIP di Pilkada Jatim 2024

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Fauzan Fuadi Ketua Lembaga Pemenangan Pemilu (LPP) DPW PKB Jatim. Foto : Istimewa

DPW PKB Jawa Timur membuka kans satu koalisi bersama DPD PDI Perjuangan Jatim di kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jatim 2024.

Hal itu disampaikan Fauzan Fuadi Bendahara DPW PKB Jatim. Ia merespon pernyataan Hasto Kristiyanto Sekjen DPP PDIP yang membuka peluang partainya berkoalisi dengan PKB untuk Pilkada serentak di Jatim, termasuk Pilgub Jatim 2024.

“Tentu kami senang, dalam hal ini Pak Hasto telah mengapresiasi PKB sebagai pemenang pemilu legislatif di Jatim,” ujar Fauzan dikonfirmasi, Selasa (2/7/2024).

Fauzan menyatakan, kerja sama politik antara partainya dengan PDIP sudah bergulir di sejumlah kabupaten/kota untuk kepentingan pilkada.

Beberapa wilayah yang sudah menyepakati kerjasama untuk Pilkada kabupaten/kota itu di antaranya adalah Surabaya, Ngawi, dan Sumenep.

“Mungkin akan segera menyusul daerah lainnya,” ujarnya.

Sedangkan untuk kerjasama politik di gelaran Pilgub Jatim, Fauzan menyebut untuk menyodorkan calon terbaik maka harus ada kerjasama koalisi bersama partai politik lain.

“Terkait Pilgub Jatim 2024, untuk memberikan Jatim sosok yang terbaik, PKB harus siap berpasangan dengan siapa pun, termasuk dengan calon dari PDIP,” jelas Fauzan.

Sebagai informasi sebelumnya, Hasto Kristiyanto Sekjen DPP PDIP menyatakan partainya akan membuka diri dan siap berkoalisi dengan semua partai politik lain untuk Pilkada maupun Pilkada Jatim.

Kans kerjasama dalam satu koalisi itu, lanjut Hasto, termasuk dengan PKB yang menjadi pemenang dalam pemilu legislatif di Jatim.

Hasto menyebut, pihaknya punya segudang mama untuk bertarung di Pilgub Jatim seperti Tri Rismaharini, Azwar Anas, sampai Pramono Anung. Tapi, PDIP tetap menghormati kepemimpinan PKB di sana.

“Kami memang menghormati (PKB) di Jatim, di mana PKB sebagai pemenang pemilu legislatif tingkat provinsi di Jawa Timur. Ini adalah peta politik yang menjadi konsideran bagi PDI Perjuangan di dalam mengambil keputusan,” ujar Hasto waktu penutupan peringatan Bulan Bung Karno 2024 di gelar di Parkir Timur Senayan, Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (30/6/2024).

Sekjen PDIP itu juga mengungkapkan, saat ini pihaknya sedang menjalin proses komunikasi secara intens dengan PKB.

“Pak Said Abdullah sebagai Ketua DPD PDIP Jawa Timur juga sangat aktif melakukan dialog-dialog di dalam membangun kesepakatan terhadap calon gubernur dan wakil gubernur,” ungkap Hasto.(wld/iss/ipg)

Berita Terkait

..
Surabaya
Kamis, 4 Juli 2024
27o
Kurs