Jumat, 25 Oktober 2024

Pj Gubernur Pastikan Pencetakan Surat Suara Pilkada Jatim Tuntas Tepat Waktu

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Adhy Karyono Pj Gubernur Jatim waktu meninjau kesiapan surat suara untuk Pilkada. Foto: Humas Pemprov Jatim.

Adhy Karyono Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur memastikan kesiapan pencetakan surat suara untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang dilaksanakan pada 27 November 2024 tuntas tepat waktu.

Perhari Kamis (24/10/2024) kemarin, produksi kertas surat suara Pilkada oleh PT. Temprina, Kabupaten Gresik sudah mencapai 4.000 eksemplar per hari.

Kepastian itu didapatkan Adhy setelah meninjau langsung percetakan surat suara Pilkada bersama Aang Kunaifi Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim, Irjen Pol Imam Sugianto Kapolda Jatim, Brigjen TNI Ramli Kapoksahli Kodam V/Brawijaya di PT. Temprina, Kabupaten Gresik.

“InsyaAllah tanggal 5 November sudah selesai sesuai nilai kontrak dan akan didistribusikan ke 38 kabupaten maupun kota di Jatim,” ujar Adhy dalam keterangannya, Jumat (25/10/2024).

Adhy mengatakan, proses pencetakan surat suara Pilkada berlangsung di tiga lokasi, yakni Gresik, Nganjuk dan Bawen. Untuk di Bawen mengerjakan 16 kabupaten/kota, Nganjuk 5 kabupaten/kota, dan Gresik 17 kabupaten/kota.

Untuk diketahui, surat suara untuk Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jatim sebanyak 32.090.910 lembar. Sedangkan surat suara Pilbup/Pilwali di wilayah Jatim akan dicetak sebanyak 27,9 juta lembar.

Adhy optimistis bahwa PT. Temprina bisa mencetak kebutuhan surat suara tersebut tepat waktu. Ia menekankan pencetakan surat suara harus memperhatikan kualitas, kuantitas serta tepat waktu.

“Kami bersama-sama bersinergi agar pendistribusian surat suara hingga hari pencoblosan Pilkada di Jatim berjalan dengan lancar dan aman,” jelasnja

Sementara itu, Irjen Pol Imam Sugianto Kapolda Jatim menyatakan, pihak sudah melakukan komunikasi dengan KPU dan Polres setempat untuk pengamanan pendistribusian surat suara.

Termasuk untuk daerah terpencil, pendistribusian sudah disiapkan secara baik. Pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Kodam apabila sewaktu-waktu membutuhkan kapal untuk pengiriman surat surata di daerah terluar.

“InsyaAllah sesuai target, setelah tanggal 5 November bisa didistribusikan dengan baik,” tandasnya. (wld/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Teriknya Jalan Embong Malang Beserta Kembang Tabebuya

Bunga Tabebuya Bermekaran di Merr

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Surabaya
Jumat, 25 Oktober 2024
36o
Kurs