Kamis, 17 Oktober 2024

Pj Gubernur Jatim Minta Tak Ada Politisasi Birokrasi di Pilkada 2024

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Adhy Karyono Pj Gubernur Jatim waktu rakor bersama Forkopimda Jatim dan kabupaten/kota. Foto: Humas Pemprov Jatim.

Adhy Karyono Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur (Jatim) bersama Forkopimda tingkat provinsi menandatangani komitmen bersama untuk mewujudkan Pilkada serentak 2024 yang damai dan demokratis.

Penandatanganan bersama itu dilakukan dalam Rakor Forkopimda tingkat provinsi bersama kabupaten/kota se Jawa Timur di salah satu hotel kawasan Surabaya Barat Rabu (16/10/2024) malam membahas Pilkada serentak.

Pada kesempatan itu, Adhy mengingatkan supaya semua pihak bisa menahan diri dan menghindari berbagai hal yang dapat memicu potensi polemik di masyarakat.

Seperti menghindari politisasi birokrasi, politik uang, mobilisasi SARA, intimidasi di ruang publik dan media, kecurangan dalam pemungutan suara, hingga saling serang di media dan tindakan kekerasan.

“Kami pastikan bahwa masyarakat harus teredukasi, sehingga tidak terprovokasi dengan berbagai hal yang dapat merusak demokrasi pilkada ini,” katanya Adhy dalam keterangannya, Kamis (17/10/2024).

Untuk itu, Pj. Gubernur Jatim mengimbau supaya jajaran Forkopimda terus melakukan langkah-langkah strategis mengantisipasi potensi gangguan dalam proses Pilkada.

“Kami bersama seluruh Jajaran berkomitmen siap mewujudkan Pilkada serentak 2024 dengan aman, damai dan demokratis, agar masyarakat menikmati pesta demokrasi ini dengan senang gembira,” ujarnya.

Meski begitu, Adhy yakin Pilkada serentak Jatim 2024 berjalan aman, damai dan kondusif. Optimisme itu berkaca pada Pemilu Februari lalu, yang mana kondisi Jatim tidak ada konflik menonjol yang berpotensi merusak persatuan.

“Pemilu lalu kita bersama-sama bisa menjaga kondusifitas. Ini berkat kerja keras seluruh pihak, baik di tingkat provinsi, kabupaten/kota, kecamatan dan desa dalam menjaga kondusifitas wilayahnya masing-masing, ini harus kita jaga terus,” ungkapnya. (wld/saf/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Teriknya Jalan Embong Malang Beserta Kembang Tabebuya

Bunga Tabebuya Bermekaran di Merr

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Surabaya
Kamis, 17 Oktober 2024
33o
Kurs