Rabu, 25 September 2024

Pimpinan DPR Apresiasi Komisi III Luncurkan Buku di Akhir Masa Jabatan

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Sufmi Dasco Ahmad Wakil Ketua DPR RI saat membuka acara peluncuran buku yang berjudul ’ Transformasi Penegakan Hukum dan HAM di Indonesia: Komisi III DPR RI Periode Tahun 2019-2024 dalam Sebuah Catatan, di ruang Pustakaloka, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (25/9/2024). Foto: Faiz Fadjarudin suarasurabaya.net

Komisi III DPR RI meluncurkan buku yang berjudul ’ Transformasi Penegakan Hukum dan HAM di Indonesia: Komisi III DPR RI Periode Tahun 2019-2024 dalam Sebuah Catatan’.

Sufmi Dasco Ahmad Wakil Ketua DPR RI menilai periode 2019-2024 merupakan periode yang sulit bagi kerja-kerja Komisi III dan aparat penegak hukum. Karena, pada masa itu terjadi Pandemi Covid-19.

“Sebagaimana yang sudah kita ketahui bersama bahwa kurun waktu tahun 2019 sampai dengan 2024 ini merupakan periode yang tidak mudah, baik dalam skala nasional maupun Global dengan adanya wabah pandemi Covid-19, resesi ekonomi global, revolusi industri 5.0 dan tantangan nasional lainnya. Yang tentunya berpengaruh secara signifikan terhadap berbagai sektor kehidupan, tidak terkecuali pada sektor kodifikasi hukum dan penegakan hukum di Indonesia,” ujar Dasco saat menjadi pembicara kunci di acara ini yang bertempat di ruang Pustakaloka, gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (25/9/2024).

Namun demikian, Dasco mencatat, sebagai bagian dari keluarga besar bahwa Komisi III DPR RI beserta dengan seluruh mitra kerjanya telah berkomitmen dan berupaya untuk berperan aktif dalam membangun sistem hukum yang kredibel profesional dan berintegritas di tengah berbagai tantangan dan hambatan yang ada.

“Masih ingat dalam ingatan kita bahwa dalam suasana Covid-19 maupun yang lain-lain, mitra kerja maupun Komisi III saling bahu-membahu menyelesaikan masalah secara bersama-sama terutama pada saat Covid-19, kita dengan para mitra bagaimana berangkulan untuk memecahkan persoalan bagi masyarakat” jelasnya.

Menurut Dasco, catatan-catatan yang terdapat dalam buku ini menjadi sebuah gambaran dan legacy bagi Komisi III DPR RI dalam menjaga konsistensi dan kelanjutan dari peta jalan perwujudan transformasi penegakan hukum dan HAM di Indonesia yang berkualitas dan berintegritas.

“Sebagai upaya bersama dalam mencapai tujuan penegakan hukum yang berkeadilan, kepastian hukum dan kemanfaatan, sekali lagi kami mengapresiasi dan mengucapkan selamat kepada rekan-rekan di Komisi III DPR RI yang sudah menjalankan tugas konstitusional secara optimal dalam kurun waktu periode ini,” terangnya.

Dasco juga menilai selama periode masa jabatan 2019-2024, Komisi III DPR RI aktif melakukan koordinasi dengan Pimpinan DPR, baik dalam hal pembentukan produk Undang-Undang hingga isu-isu strategis di DPR.

”Selama ini koordinasi Komisi III dengan pimpinan DPR itu sangat baik, saya pikir segala sesuatu dikomunikasikan baik ketika mau mengajukan sebuah acara pengajuan surat maupun kemudian ketika terjadi hal-hal yang sifatnya mendadak itu semua juga secara cepat dikomunikasikan kepada pimpinan dan tidak pernah ada satu masalah sampai dengan saat ini,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Dasco pun menegaskan, ke depan akan lebih banyak tantangan yang harus dihadapi dengan optimistis oleh Komisi III.

”Tentunya di masa depan periode 2024-2029 akan terjadi banyak dinamika yang kemudian akan menimbulkan tantangan-tantangan baru. Tapi saya yakin dengan niat dari teman-teman Komisi III yang baru maupun yang masih bertahan itu tentunya akan terlewati dan bisa terlampaui,” pungkasnya. (faz/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Rabu, 25 September 2024
27o
Kurs