Minggu, 8 September 2024

Pengganti Pj Bupati Jombang dan Bondowoso Dilantik di Grahadi

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Adhy Karyono Pj Gubernur Jatim saat melantik Muhammad Hadi Wawan Guntoro menjadi Pj Bupati Bondowoso dan Teguh Narutomo Pj Bupati Jombang di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Selasa (23/7/2024). Foto: Humas Pemprov Jatim

Adhy Karyono Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur secara resmi melantik Muhammad Hadi Wawan Guntoro menjadi Pj Bupati Bondowoso dan Teguh Narutomo Pj Bupati Jombang di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Selasa (23/7/2024).

Diketahui, Muhammad Hadi Wawan Guntoro dilantik menggantikan Bambang Soekwanto Bupati Bondowoso.

Sementara Teguh Narutomo dilantik menggantikan Sugiat Pj Bupati Jombang yang mundur dari jabatan karena akan mengikuti Pilkada Serentak.

Pelantikan hari ini dilakukan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri RI tertanggal tanggal 16 Juli 2024.

Tepatnya SK Mendagri Nomor 100.2.1.3/1428 Pj. Bupati Bondowoso dan SK Mendagri Nomor 100.2.1.3/1429 untuk Pj. Bupati Jombang.

Dalam sambutannya Adhy Karyono berpesan kepada Pj Bupati Bondowoso Jombang untuk berkoordinasi bersama DPRD kabupaten serta Forkompinda setempat. Koordinasi segera itu dibutuhkan terutama terkait siklus anggaran PAPBD.

Sebab, waktu penyusunan anggaran dan rapat banggar untuk menentukan RAPBD Tahun 2025 akan segera dilakukan.

“Tolong segera lakukan koordinasi, pertama terkait siklus anggaran, kemudian tolong ikut mengamankan Pilkada Serentak, memaksimalkan pelayanan publik serta menjalankan roda pemerintahan hingga masa jabatannya berakhir,” ucap Adhy di Grahadi.

Meski memimpin dalam waktu singkat, Adhy mengatakan, tugas Pj Bupati Bondowoso dan Jombang juga wakil bertanggungjawab memberikan keamanan saat Pilkada serentak.

“Tugas berat Pj. Bupati yang baru, mengingat Pilkada Serentak akan berlangsung November. Saya minta menjaga kondusifitas dan netralitas ASN sebagai penanggungjawab Pilkada,” ungkapnya.

Diberitakan sebelumnya, tiga Penjabat (Pj) bupati dan di Jatim dikabarkan mengajukan pengunduran diri menjelang persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Kabar pengunduran Pj Bupati itu dibenarkan Adhy Karyono Pj Gubernur Jawa Timur. “Benar ada tiga. Bondowoso, Jombang, ini baru dengar Magetan,” ujar Adhy, di Surabaya, Selasa (16/7/2024).

Dua Pj Bupati yang diketahui sudah menyodorkan surat pengunduran dirinya itu adalah Sugiat Pj Bupati Jombang dan Soekwanto Pj Bupati Bondowoso. Keduanya dikabarkan bakal maju di masing-masing daerah tersebut.

“Dua yang sudah kirim surat. (Untuk pengganti) Rahasia dong,” ungkap Adhy.(wld/iss/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Dua Truk Terlibat Kecelakaan di Bungah Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Minggu, 8 September 2024
25o
Kurs