Selasa, 15 Oktober 2024

Pemkot Surabaya Tegaskan Tidak Ada KSH, RT/RW dan LPMK Hadiri Kampanye Paslon Tunggal

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Kiri-kanan: Restu Novi Widiani Pjs Wali Kota Surabaya dan Maria Theresia Ekawati Rahayu Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Surabaya. Foto: Meilita Elaine suarasurabaya.net

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menegaskan bahwa tidak ada Kader Surabaya Hebat (KSH), Ketua RT/RW, atau Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) yang akan menghadiri kampanye pasangan calon tunggal dalam Pilkada

Maria Theresia Ekawati Rahayu Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Surabaya mengungkapkan, imbauan tersebut telah diteruskan kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan camat.

“Surat imbauan sudah kami sampaikan kepada semua kepala OPD dan camat untuk memastikan tidak ada pelanggaran,” jelasnya pada Selasa (15/10/2024).

Pemkot menyerahkan sepenuhnya pengawasan terhadap pelanggaran kepada Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu).

“Pengawasan Pilkada merupakan kewenangan Bawaslu, dan kami akan berkolaborasi melalui desk Pilkada untuk mencegah terjadinya pelanggaran,” tambah Maria.

Sebelumnya, Bawaslu Kota Surabaya telah mengingatkan pasangan Eri Cahyadi dan Armuji untuk tidak memanfaatkan KSH dalam kampanye, mengingat mereka merupakan penerima insentif dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

KSH dilarang berperan sebagai jembatan untuk menyampaikan bantuan kepada masyarakat selama masa kampanye.

Menanggapi instruksi Bawaslu, Eri Cahyadi mengonfirmasi bahwa KSH tidak akan terlibat dalam kampanye. Namun, ia menjelaskan bahwa KSH masih bisa berpartisipasi selama mereka tidak mengenakan rompi KSH. Begitu pula, RT/RW dapat terlibat asalkan bertindak sebagai warga biasa. (lta/saf/faz)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Teriknya Jalan Embong Malang Beserta Kembang Tabebuya

Bunga Tabebuya Bermekaran di Merr

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Surabaya
Selasa, 15 Oktober 2024
34o
Kurs