Kamis, 19 September 2024

Pemeriksaan Kesehatan Eri-Armuji Diprediksi Berlangsung Lebih dari 12 Jam

Laporan oleh Akira Tandika Paramitaningtyas
Bagikan
Eri Cahyadi dan Armuji saat konferensi pers sebelum menjalani tes kesehatan di RSUD Dr. M. Soewandhie pada Kamis (29/8/2024). Foto: Akira suarasurabaya.net

Pemeriksaan kesehatan pasangan calon (paslon) Eri Cahyadi-Armuji diprediksi berlangsung selama lebih dari 12 jam di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. M Soewandhie.

Hal itu seperti tertulis dalam jadwal acara, yang mana tes kesehatan dimulai sejak pukul 07.00 hingga 19.00 WIB dan bisa menjadi lebih lama.

Untuk diketahui, pemeriksaan kesehatan menjadi persyaratan selanjutnya bagi bakal calon kepala daerah (bacakada) saat mendaftar Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Dokter (dr.) Billy Daniel Messakh Direktur Utama RSUD Dr M Soewandhie mengatakan, bacakada akan menjalani sejumlah pemeriksaan fisik dan mental. Sementara tes narkoba akan dilakukan oleh BNN.

“Untuk pemeriksaan fisik, akan kami ambil sampel darah. Dari pengambilan sampel darah ini, akan banyak yang bisa kita lihat. Seperti fungsi jantung, fungsi hepar, fungsi ginjal. Ini akan terimplementasi di pengambilan sampel darah,” terang dr Billy, Kamis (29/8/2024).

Selain tes fisik, lanjut Billy, bacakada juga akan menjalani tes fungsi organik.

“Kalau tes fungsi organik ini, kami akan melakukan MRI pada ginjal dan kepala. Kemudian kami juga akan melakukan CT Cardiac yang masuk dalam pemeriksaan advance, seperti permintaan Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai syarat pendaftaran,” jelasnya.

Billy mengatakan, untuk pemeriksaan jantung akan melewati banyak tahapan, termasuk pemeriksaan menggunakan treadmill untuk melihat kinerja jantung.

“Intinya, calon kepala daerah ini, fisik dan kejiwaannya terimplementasi di hasil pemeriksaan kesehatan,” katanya.

Sementara itu, Billy menjelaskan, dalam tes kejiwaan timnya akan menggunakan Minnesota Multiphasic Personality Inventory atau MMPI.

“Kami ada tiga dokter psikiatri yang akan terlibat dalam pemeriksaan MMPI ini yang menjadi standar dalam pemeriksaan kejiwaan,” ungkapnya.

Adapun pada pemberitaan sebelumnya, Eri-Armuji berharap agar pemeriksaan ini bisa berjalan lancar hingga berakhir nanti malam. (kir/bil/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Kamis, 19 September 2024
33o
Kurs