Kamis, 12 September 2024

PDIP Umumkan 6 Calon Gubernur-Calon Wakil Gubenur, Jawa Timur Belum

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Perwakilan calon Kepala Daerah yang diusung PDIP menerima penyerahan Surat Keputusan (SK) dari DPP PDIP. Megawati menyerahkan langsung SK tersebut kepada calon kepala daerah, didampingi oleh Prananda Prabowo putranya, Kamis (22/8/2024). Foto : istimewa

Megawati Soekarnoputri Ketua Umum DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) resmi mengumumkan 169 bakal calon kepala daerah yang diusung di Pilkada Serentak 2024. Pengumuman gelombang kedua ini dilakukan secara hybrid.

Dari 169 calon Kepala Daerah itu terdiri dari 6 bakal calon gubernur dan bakal calon wakil gubernur, 151 bakal calon bupati dan bakal calon wakil bupati, serta 12 bakal calon walikota dan bakal calon wakil walikota. Namun tidak ada bakal calon dari Jatim, Jateng, dan DKI Jakarta.

Pembacaan nama-nama calon Kepala Daerah yang diusung disampaikan oleh Hasto Kristiyanto Sekretaris Jenderal DPP PDIP di Kantor Pusat Partai, di Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta, Kamis (22/8/2024).

Adapun, 6 bakal calon gubernur dan bakal calon wakil gubernur yang resmi diusung PDIP untuk Pilkada serentak tahun 2024, masing-masing:

1. Kepulauan Riau, Muhammar Rudi – H. Aunur Rafiq

2. Jambi, Al Haris – Abdullah Sani

3. Kep. Bangka Belitung, Hidayat Arsani – Heliana

4. Bali, Wayan Koster – I Nyoman Giri Prasta

5. Papua Tengah, Meki Nawipa – Deinas Geley

6. Papua Selatan, Apolo Safanto – Paskalis Imagawa

Pengumuman ini dilakukan di hadapan Megawati Soekarnoputri Ketua Umum dan jajaran DPP PDIP sejumlah petinggi partai.

Terlihat hadir juga Prananda Prabowo putra Megawati yang juga Ketua DPP DPIP bidang Ekonomi Kreatif.

Mahfud MD Pakar Hukum Tata Negara yang juga Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) juga tampak hadir dalam acara tersebut.

Setelah pembacaan, perwakilan calon Kepala Daerah yang diusung menerima penyerahan Surat Keputusan (SK) dari DPP PDIP. Megawati menyerahkan langsung SK tersebut kepada calon kepala daerah, didampingi oleh Prananda Prabowo putranya.

Pengumuman 169 Calon Kepala Daerah dari PDIP ini merupakan gelombang kedua dari tiga gelombang yang akan dilakukan DPP PDIP dalam menghadapi Pilkada 2024.

Sebelumnya, PDI Perjuangan telah mengumumkan 305 bakal calon kepala daerah yang diusung pada gelombang pertama di 14 Agustus 2024.

Untuk bakal calon kepala daerah PDIP di Jakarta, Hasto mengatakan masih menantikan keputusan akhir dari Ketua Umum Megawati Soekarnoputri.

“Untuk Jakarta masih menunggu pengumuman dari Ibu Ketua Umum,” kata Hasto. (faz/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Dua Truk Terlibat Kecelakaan di Bungah Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Kamis, 12 September 2024
28o
Kurs