Selasa, 2 Juli 2024

PDIP Siapkan Risma, Azwar Annas, dan Pramono Anung di Pilkada Jatim

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Hasto Kristiyanto Sekretaris Jenderal DPP PDIP waktu ditemui di kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Sabtu (29/6/2024). Foto: Antara

PDI Perjuangan mulai memunculkan sejumlah nama kadernya yang digadang menjadi calon gubernur di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Timur 2024. Mereka adalah Tri Rismaharini Menteri Sosial, Pramono Anung Sekretaris Kabinet, dan Azwar Anas Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB).

Munculnya sejumlah nama itu diungkapkan Hasto Kristiyanto Sekjen DPP PDI Perjuangan, waktu ditemui awak media di kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Sabtu (29/6/2024) malam.

“Di Pilkada Jatim, kami memiliki sedikit banyak calon kepala daerah. Kepala daerah incumbent (petahana) misalnya, muncul beberapa nama,” ujar Hasto seperti dilansir Antara, Minggu (30/6/2024).

Sekjen PDIP itu kemudian menyebut sejumlah nama menteri dari partainya yang memiliki potensi untuk berkontestasi di Pilkada 2024.

“Dari kalangan menteri ada Ibu Risma, ada Pak Abdullah Azwar Anas, ada Pak Pramono Anung ini laris manis ada yang ngusung di Jakarta ada yang usulkan di Jawa Timur,” kata Hasto.

Hasto menegaskan, PDIP terus mendorong para kader internal partai untuk maju dan bekerja sama dengan pihak lainnya yang telah dilatih, baik melalui jalur birokrasi, profesional, purnawirawan, TNI/Polri, hingga kalangan pers.

Tidak hanya itu, Hasto menyebut PDIP juga menyiapkan sejumlah kader kepala daerah petahana untuk kembali memimpin masing-masing wilayah. Seperti Nur Arifin alias Gus Ipin Bupati Trenggalek, Eri Cahyadi dan Armuji Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya, Ipuk Fiestiandani Bupati Banyuwangi, hingga Achmad Fauzi Bupati Sumenep.

“Nama Fauzi di Sumenep ini sangat kuat. Sehingga, tinggal merumuskan kerja sama politik saja,” imbuhnya.

Sejauh ini, Hasto menuturkan pihaknya telah melakukan komunikasi dengan beberapa partai seperti Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Gerindra yang sudah memberikan dukungan untuk beberapa wilayah untuk kepentingan Pilkada kabupaten/kota maupun Jatim.

“Tetapi untuk daerah lain kami juga melakukan komunikasi politik. Ini proses yang sangat dinamis,” ucap Hasto.(ant/wld/rid)

Berita Terkait

..
Surabaya
Selasa, 2 Juli 2024
34o
Kurs