Kamis, 19 September 2024

PDIP Jatim Berikan Pembekalan kepada 329 Caleg Terpilih Sebelum Bertugas

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Ratusan caleg terpilih dari PDIP Jatim waktu mengikuti pembekalan di Kota Malang, Selasa (6/8/2024). Foto: Dok. PDIP Jatim

DPD PDI Perjuangan Jawa Timur memberi pembekalan kepada 329 calon anggota legislatif (Caleg) periode 2024-2029 terpilih berlokasi di Kota Malang, sejak Senin sampai Kamis (5-8/8/2024).

Jumlah 329 caleg terpilih itu terdiri dari 308 caleg DPRD kabupaten/kota dan 21 caleg DPRD Provinsi Jawa Timur.

Said Abdullah Ketua DPD PDI Perjuangan Jatim, mengatakan acara pembekalan berfokus pada pemaparan materi ideologi Pancasila sebagai paradigma pembangunan.

Serta materi lainnya adalalah implementasi Pancasila di dalam tiga tugas atau fungsi legislatif. Yakni fungsi penganggaran, legislasi, dan pengawasan.

“Kepada para peserta pembekalan, para caleg terpilih dari PDI Perjuangan, selamat mengikuti acara pembekalan,” kata Said Abdullah, Selasa (6/8/2024).

Sementara itu Sri Untari Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jawa Timur, menyebut anggota legislatif adalah pilar penting dalam roda organisasi kepartaian PDIP. Yang mana dalam tugasnya harus membangun sinergi dengan struktural partai dan kepala daerah.

“Sehingga berhasil membangun bonding yang kuat, agar dalam bertugas bisa betul-betul sesuai dengan arah perjuangan partai, utamanya dalam kerja-kerja nyata kemasyarakatan,” ungkap Ketua Fraksi PDIP DPRD Provinsi Jawa Timur tersebut.

Pada kesempatan yang sama, Daniel Rohi Wakil Ketua Bidang Ideologi dan Kaderisasi DPD PDI Perjuangan Jatim, menambahkan pembekalan ini sebagai suatu usaha partai supaya para kadernya bisa bekerja dengan baik sesuai tugas dan fungsi angota DPR.

Daniel berharap kepada seluruh peserta agar mengikuti pembekalan dengan tertib dan serius. Mengingat narasumber yang dihadirkan merupakan tokoh-tokoh penting dan berpengalaman.

“Saya berharap acara ini bisa diikuti dengan tertib dan serius karena yang hadir untuk membekali teman-teman calon anggota DPR ini adalah tokoh tokoh nasional yang punya reputasi dan berpengalaman,” ucap Daniel Rohi.

Narasumber yang dihadirkan antara lain, Hasto Kristiyanto Sekretaris Jendral (Sekjen) PDI Perjuangan, Djarot Saiful Hidayat Ketua Bidang Kaderisasi dan Ideologi DPP PDIP, Adian Yunus Yusak Napitupulu Wakil Sekretaris Jendral Bidang Komunikasi PDIP dan Rieke Diah Pitaloka Intan Purnamasari anggota DPR RI dari Fraksi PDIP.

Kemudian Hariyono Rektor Universitas Negeri Malang, dan Mohammad Yasin Kepala Bappeda Provinsi Jatim, Himawan Estu Bagijo Ketua Pengurus Daerah APHTN-HAN yang juga Peneliti Hukum dan Konstitusi BRIDA Jatim, Pribadi Kusman Dosen FISIP Unair Surabaya Airlangga, dan Moh. Burhan Dosen FEB Universitas Merdeka Malang.(wld/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Kamis, 19 September 2024
24o
Kurs