Minggu, 7 Juli 2024

Partai Gelora Dorong Pemerintah Segera Bentuk Matra Siber Demi Jaga Kedaulatan Data Nasional

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Endy Kurniawan Ketua DPN Partai Gelora Indonesia. Foto : Istimewa

Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia berharap kasus peretasan Pusat Data Nasional (PDN) bisa segera diselesaikan agar tidak membebani pemerintahan ke depan.

Sebab, ancaman siber ke depan akan semakin besar, sehingga peretasan PDN saat ini perlu ditangani lebih serius, dengan strategi pertahanan dan keamanan (hankam), serta intelejen.

“Partai Gelora cukup sering menyorot tema peretasan dalam konteks keamanan data konsumen dan data negara. Hal ini mengkhawatirkan karena terus menguat dan meluas,” kata Endy Kurniawan, Ketua DPN Partai Gelora di Jakarta, Rabu (3/7/2024) sore.

Hal itu disampaikan Endy Kurniawan dalam diskusi daring bertajuk “PDN Jebol Diretas, Bahaya Di Mana Negara?” pada Rabu (3/7/2024) sore.

Partai Gelora, kata Endy, mengusulkan agar pemerintah segera membentuk matra khusus siber, selain matra darat, laut dan udara agar strategi penanganan serangan siber lebih terintegrasi, termasuk menjaga kedaulatan data nasional.

“Narasi Partai Gelora adalah menjadikan Indonesia superpower baru, oleh sebab itu siber perlu perhatian khusus kalau perlu dibentuk matra khusus siber. Strateginya harus terintegrasi dengan hankam untuk menjaga kedaulatan data nasional,” katanya.

Sebelumnya, Budi Arie Setiadi Menkominfo mengungkapkan telah memiliki cara untuk melakukan pemulihan data terhadap layanan yang terkena dampak serangan ransom atau peretasan PDNS 2.

Budi Arie menegaskan pihaknya sedang berupaya melakukan pemulihan data. Diperkirakan pemulihan data akan selesai pada akhir Juli 2024.

“Pemulihan layanan yang memiliki back up ini dilakukan oleh Kemenkominfo, KSO PDNS, Badan Siber Sandi Negara (BSSN), dan kementerian/lembaga/daerah yang diharapkan akhir Juli sudah selesai,” tegas Budi Arie saat rapat kerja dengan Komisi I DPR, Kamis (27/6/2024). (faz/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Minggu, 7 Juli 2024
26o
Kurs