Senin, 21 Oktober 2024

Para Menteri dan Kepala Lembaga Kabinet Merah Putih Ucapkan Sumpah Jabatan

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Para calon menteri dan kepala lembaga Kabinet Merah Putih bersiap mengucapkan sumpah/janji jabatan di hadapan Prabowo Presiden, Senin (21/10/2024), di Istana Negara, Jakarta. Foto: Farid suarasurabaya.net

Para menteri dan kepala lembaga dalam Kabinet Merah Putih, pagi hari ini, Senin (21/10/2024), mengucapkan sumpah/janji jabatan, di Istana Negara, Jakarta.

Total ada 48 menteri plus lima kepala badan/lembaga setingkat menteri yang mengucapkan sumpah/jabatan di hadapan Prabowo Subianto Presiden, disaksikan Gibran Rakabuming Raka Wakil Presiden, Pimpinan DPR, DPD, MPR, Mahkamah Konstitusi, Mahkamah Agung, dan Ketua BPK.

Pelantikan Menteri Negara berdasarkan Surat Keputusan Presiden (Keppres) Republik Indonesia Nomor 133/P Tahun 2024 tentang Pembentukan Kementerian Negara dan Pengangkatan Menteri Negara Kabinet Merah Putih Periode 2024-2029.

Mereka yang dilantik antara lain, Budi Gunawan sebagai Menteri Koordinator (Menko) Bidang Politik dan Keamanan, Yusril Ihza Mahendra Menko Bidang Hukum HAM Imigrasi dan Pemasyarakatan, Airlangga Hartarto Menko Bidang Perekonomian.

Lalu, Agus Harimurti Yudhoyono sebagai Menko Bidang Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan, Zulkifli Hasan Menko Bidang Pangan, Pratikno Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, dan Muhaimin Iskandar Menko Bidang Pemberdayaan Masyarakat.

Sejumlah politikus dan profesional yang sebelumnya jadi menteri di pemerintahan Joko Widodo juga ada yang masuk daftar menteri periode 2024-2029.

Antara lain, Airlangga Hartarto, Agus Gumiwang Kartasasmita dan Bahlil Lahadalia dari Partai Golkar, Zulkifli Hasan dari PAN, dan Pratikno mantan Menteri Sekretaris Negara yang jadi Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

Kemudian, Sri Mulyani Indrawati yang tetap menjabat Menteri Keuangan, Erick Thohir Menteri BUMN, Budi Gunadi Sadikin Menteri Kesehatan, dan Sakti Wahyu Trenggono Menteri Kelautan dan Perikanan.

“Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara,” ujar Prabowo diikuti para calon menteri.

Di tempat yang sama, kepala badan/lembaga yang mengucapkan sumpah/janji jabatan adalah Sanitiar Burhanudin sebagai Jaksa Agung, AM Putranto sebagai Kepala Staf Kepresidenan, Muhammad Herindra Kepala BIN, Hasan Nasbi Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan, dan Luhut Binsar Pandjaitan sebagai Ketua Dewan Ekonomi Nasional.

Pelantikan Jaksa Agung berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 135/P Tahun 2024 tentang Pengangkatan Jaksa Agung Republik Indonesia.

Sementara pelantikan Kepala BIN berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 134/P Tahun 2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Badan Intelijen Negara.

Kemudian pelantikan Kepala dan Wakil Kepala Staf Kepresidenan berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 137/P Tahun 2024 tentang Pengangkatan Kepala dan Wakil Kepala Staf Kepresidenan.

Lalu, Pelantikan Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 141/P Tahun 2024 tentang Pengangkatan Kepala dan Wakil Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan.

Pelantikan Ketua Dewan Ekonomi Nasional berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 139/P Tahun 2024 tentang Pengangkatan Ketua Dewan Ekonomi Nasional.

Sementara itu, Teddy Indra Wijaya yang berstatus Anggota TNI, tidak masuk dalam jajaran menteri. Padahal, tadi malam Prabowo mengumumkan nama Teddy sebagai Sekretaris Kabinet.

Sebelumnya, Sufmi Dasco Ahmad Ketua Harian DPP Partai Gerindra menjelaskan tujuan dari bertambah banyaknya jumlah kementerian di pemerintahan Prabowo-Gibran.

Selain untuk mengakomodir partai politik koalisi, penambahan kementerian/lembaga juga untuk mengoptimalkan fungsinya supaya lebih bermanfaat buat rakyat. (rid/bil/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Teriknya Jalan Embong Malang Beserta Kembang Tabebuya

Bunga Tabebuya Bermekaran di Merr

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Surabaya
Senin, 21 Oktober 2024
27o
Kurs