Senin, 28 Oktober 2024

Mesir Usulkan Gencatan Senjata Sementara di Gaza untuk Pertukaran Sandera

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Abdel Fattah Al Sisi Presiden Mesir. Foto: Anadolu/Antara

Mesir telah mengusulkan gencatan senjata di Gaza untuk memfasilitasi kemungkinan pertukaran sandera dan narapidana sebagai upaya membangun perdamaian jangka panjang.

“Kami mengusulkan gencatan senjata di Jalur Gaza selama dua hari untuk menukar empat sandera (Israel) dengan beberapa narapidana (Palestina) dan kemudian negosiasi akan dilakukan selama 10 hari untuk mengubah gencatan senjata itu menjadi permanen,” ucap Abdel Fattah Al Sisi Presiden Mesir pada konferensi pers di Kairo, Minggu (27/10/2024).

Abdelmadjid Tebboune Presiden Aljazair, yang mendampingi Al Sisi saat konferensi pers, turut menyatakan dukungannya terhadap inisiatif Mesir tersebut dan upaya menciptakan ketenangan di wilayah kantong Palestina itu.

Dilansir dari Antara, Senin (28/10/2024), Israel memperkirakan sekitar 101 warganya masih disandera oleh Hamas kelompok perlawanan Palestina, di Gaza. Mereka khawatir beberapa di antaranya mungkin telah terbunuh dalam serangan udara Israel yang membabi buta di wilayah yang padat penduduk itu.

Upaya Amerika Serikat, Mesir, dan Qatar untuk mencapai gencatan senjata dan memfasilitasi pertukaran sandera antara Israel dan Hamas sejauh ini mengalami kebuntuan. Benjamin Netanyahu Pemimpin Israel menolak untuk mempertimbangkan diakhirinya konflik.

Militer Israel terus melancarkan serangan besar-besaran di Gaza sejak serangan Hamas tahun lalu, meski Dewan Keamanan PBB telah mengeluarkan resolusi yang menuntut gencatan senjata segera.

Hampir 43.000 warga Palestina telah tewas, sebagian besar wanita dan anak-anak, dan lebih dari 100.500 lainnya terluka, menurut otoritas kesehatan Gaza.

Serangan-serangan Israel juga telah memaksa hampir seluruh penduduk Gaza mengungsi di tengah blokade yang menyebabkan kelangkaan makanan, air bersih, dan obat-obatan.

Israel tengah menghadapi tuduhan genosida di Mahkamah Internasional atas aksi militernya di Gaza. (ant/nis/bil/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Teriknya Jalan Embong Malang Beserta Kembang Tabebuya

Bunga Tabebuya Bermekaran di Merr

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Surabaya
Senin, 28 Oktober 2024
38o
Kurs