Jumat, 20 September 2024

Megawati Ziarah di Makam Imam Al Bukhari

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Megawati Soekarnoputri Presiden Kelima RI saat melakukan ziarah ke makam Imam Al Bukhari. Foto : istimewa

Di sela-sela kunjungan kerjanya ke Uzbekistan, Megawati Soekarnoputri Presiden Kelima RI melakukan ziarah ke makam Imam Al Bukhari, di Desa Khartang yang berjarak sekitar 25 kilometer dari Kota Samarkand.

Megawati tiba di lokasi musoleum itu pada Jumat (20/9/2024), sekitar pukul 14.30 waktu setempat. Dengan mengenakan busana panjang warna merah berbalut kerudung putih, Megawati disambut oleh Rustam Kobilov Wakil Gubernur Samarkand dan Maqsud Hoji Direktur kompleks Imam Bukhari.

Megawati didampingi oleh Bintang Puspayoga Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta Connie Rahakundini Bakrie Guru Besar Fakultas Hubungan Internasional Universitas St.Petersburg.

Maqsud Hoji pun mempersilakan Megawati beserta rombongan untuk masuk ke dalam kompleks makam Imam Bukhari.

Saat perjalanan menuju makam, Megawati juga menyempatkan bertanya kepada Maqsud Hoji terkait beberapa sisi bangunan kompleks makam yang tengah dalam proses renovasi.

Megawati terlihat sangat terkesan dengan ukiran dinding dan atap di salah satu sisi kompleks makam yang sangat indah. Dimana perpaduan warna cream serta ukiran gambar khas Uzbekistan.

Meski kompleks makam masih dalam proses renovasi, namun Megawati tetap terkesan dengan sejumlah sisi bangunan.

Bangunan kompleks musoleum itu memang sedang direnovasi. Khususnya di bagian mesjid. Namun itu tak membuat Megawati dan rombongan berhenti untuk melakukan ziarah itu.

Megawati tampak khusyuk berdoa di dekat makam Imam Al Bukhari. Lama ia berdoa, dan terlihat meneteskan air mata.

Usai berdoa, Megawati dan rombongan menemui jajaran pengurus utama Kompleks tersebut. Putri Proklamator RI Sukarno itu menyerahkan dua buah bingkisan berisi kain batik.

Ahmad Basarah Ketua DPP bidang luar negeri yang terus berada di dekat Megawati, tampak berkomunikasi dengan pihak sang wakil gubernur dan Pengurus Masjid tentang niatan Bu Mega.

Semuanya terjadi apa adanya, dengan para pekerja konstruksi terus bekerja sambil melihat dari jauh. Megawati hadir tanpa meminta agar semua pekerjaan dihentikan.

Kompleks musoleum memang sedang direkonstruksi total dengan luasan total 48 ribu meter persegi. Nantinya bila selesai, kompleks akan memiliki mesjid indah yang bisa menampung 9000an ummat ketika shalat bersama. Selain itu, rekonstruksi akan menyiapkan sebuah taman indah seluas 4400 meter persegi. Begitu informasi dari website informaso mengenai Samarkand.

Ahmad Basarah sebelumnya menjelaskan bahwa kunjungan Megawati diharapkan menjadi pengingat memori kolektif bangsa Indonesia akan peran dan legasi Soekarno Presiden terhadap dunia Islam. Saat ini makam Imam Bukhari menjadi ziarah wisata umat Islam dunia termasuk masyarakat Indonesia.

“Dari kunjungan Ibu Megawati ini diharapkan ada pencerahan untuk masyakarat Indonesia dan juga dunia internasional akan legacy Bung Karno terhadap perkembangan dunia Islam, selain memunculkan dampak sosial ekonomi bagi kedua negara,” kata Basarah.

Wakil Ketua MPR RI ini mengingatkan peran besar Soekarno Presiden dalam penemuan makam Imam Al Bukhari.

“Dimana, Bung Karno tokoh yang meminta kepada pemerintah komunis Soviet kala kunjungan kenegaraannya tahun 1956 agar ditemukan makam tersebut. Ini legacy Bung Karno untuk dunia Islam,” tegas Basarah.

Kunjungan Megawati ini pun diharapkan semakin memperkuat hubungan kedua negara.

“Saat Ibu Megawati berbincang dengan Rustam Kobilov Wakil Gubernur Samarkand kemarin, terlihat keinginan untuk mempererat hubungan kedua negara, khususnya antara Samarkand dengan Jakarta,” jelas Basarah.(faz/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Jumat, 20 September 2024
28o
Kurs