Selasa, 24 September 2024

Legislator Sebut Ketahanan Pangan Terancam dengan Penurunan Drastis Anggaran Pertanian

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Petani membawa gabah hasil panen padi mereka di aksi unjuk rasa depan gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (24/9/2024). Foto : Faiz Fadjarudin suarasurabaya.net

Johan Rosihan anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi PKS menyampaikan keprihatinan mendalam terkait penurunan anggaran sektor pertanian Indonesia dalam beberapa tahun terakhir.

Berdasarkan data terbaru, anggaran untuk sektor pertanian yang tercatat pada tahun 2019 sebesar Rp.23 triliun diperkirakan akan menurun drastis menjadi hanya Rp.7 triliun pada rencana anggaran 2025.

“Sebagai negara agraris, Indonesia seharusnya memprioritaskan sektor pertanian dalam anggaran negara. Namun, perhatian pemerintah terhadap sektor ini masih sangat minim,” ungkap Johan dalam keterangannya, Selasa (24/9/2024).

Johan menyatakan bahwa meskipun isu krisis pangan sering dibahas, realisasi anggaran menunjukkan sebaliknya, seolah-olah sektor pertanian tidak menghadapi masalah serius.

Johan juga menekankan pentingnya sektor pertanian sebagai tulang punggung produksi pangan nasional yang berkontribusi terhadap kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

“Dengan anggaran yang terus menyusut, keberlangsungan produksi pangan dan ketahanan pangan nasional terancam,” tegasnya.

Oleh karena itu, Johan berharap pemerintah dapat memberikan perhatian yang lebih serius terhadap sektor pertanian.

“Melalui peningkatan anggaran dan kebijakan yang mendukung, kami berharap sektor pertanian dapat berkembang dan berkontribusi lebih besar dalam memenuhi kebutuhan pangan masyarakat,” pungkasnya. (faz/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Selasa, 24 September 2024
30o
Kurs