Kamis, 17 Oktober 2024

KPU RI Pantau Pencetakan Surat Suara Pilkada 2024 di Surabaya untuk Empat Provinsi

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Mochammad Afifuddin Ketua KPU RI waktu meninjau kesiapan surat suara di Surabaya, Kamis (17/10/2024). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI memantau kesiapan dan proses pencetakan surat suara untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024, di kawasan Rungkut Industri Surabaya, Jawa Timur, Kamis (17/10/2024) siang, sebelum didistribusikan ke sejumlah daerah.

Mochammad Afifuddin Ketua KPU RI mengatakan, peninjauan hari ini untuk memastikan bahwa segala persiapan Pilkada sudah maksimal.

Sebab perusahaan yang mencetak surat suara ini sedang melayani kebutuhan Pilkada untuk empat provinsi. Yakni di Kalimantan Barat, Sulawesi Selatan, Papua Tengah, dan Gorontalo. Empat provinsi tersebut membutuhkan surat suara sebanyak 12.989.781 eksemplar.

“Kami ingin memastikan bahwa logistik Pilkada dalam persiapan yang sudah maksimal,” ujar Afif.

Dalam peninjauannya kali ini, KPU RI mengingatkan pihak produsen supaya mencetak surat suara berdasarkan ketentuan KPU dan data yang telah diberi oleh partai pengusung.

Selain itu, Afif juga meminta kualitas surat suara wajib dicetak berdasarkan spesifikasi sesuai standart KPU. “Inilah salah satu fungsi kami melakukan supervisi,” tuturnya.

Pada kesempatan itu, Totok Hariyono Komisioner Bawaslu RI yang juga ikut melakukan peninjauan berharap supaya proses penyediaan logistik bisa selesai tepat waktu.

“Sehingga, persiapan pada hari H logistik sudah ada di tempat masing-masing,” ujar Totok. (wld/bil/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Teriknya Jalan Embong Malang Beserta Kembang Tabebuya

Bunga Tabebuya Bermekaran di Merr

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Surabaya
Kamis, 17 Oktober 2024
31o
Kurs