Jumat, 25 Oktober 2024

KPU Jatim Usung Tema Tata Kelola Pemerintahan dan Pelayanan Publik dalam Debat Kedua Pilgub

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Debat Publik Pemilihan Gubernur Jawa Timur di Graha Unesa Surabaya, Jumat (18/10/2024). Foto: Tangkapan layar YouTube

Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur (KPU Jatim) berencana menggelar debat kedua untuk calon gubernur dan wakil gubernur Jatim yang berlokasi di Grand City Surabaya pada 3 November 2024.

Tema debat kedua nanti akan membahas tentang “Tata Kelola Pemerintah Yang Efektif dan Inovatif Serta Pelayanan Publik Yang Inklusif dan Keadilan Masyarakat Jawa Timur.”

Nur Salam Komisioner Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat KPU Jatim mengatakan, saat ini pihaknya masih dalam tahap penentuan panelis dengan kualifikasi kelompok akademisi.

“Kalau soal debat, kita masih menyusun panelis, sesuai dengan tema soal birokrasi dan pelayanan umum. Tetapi kita akan tetap menunggu panelis dengan kualifikasi akademisi,” kata Nur Salam dikonfirmasi, Jumat (25/10/2024).

Para panelis yang ditunjuk ini akan bertugas menyusun sub tema tentang pelayanan publik, sekaligus membuat pertanyaan untuk paslon cagub-cawagub yang akan berdebat 3 November besok.

“Lebih banyak kepada pelayanan terhadap masyarakat dan birokrasi. Nanti akan dirumuskan sub temanya oleh panelis termasuk pertanyaan yang akan diajukan,” jelasnya.

Nur Salam mengatakan, debat kedua besok terdapat enam segmen, sama dengan debat perdana. Namun yang menjadi evaluasi dalam debat kemarin adalah penajaman pertanyaan.

“Terkait dengan format akan sama dengan debat pertama, ada segmen gubernur, wakil gubernur dengan alokasi (waktu) yang sama. Kita akan koreksi itu penajaman pertanyaan, tentu akan beda-beda,” ujar Nur Salam.

Supaya penyelenggaraan debat berjalan lancar, pihak KPU Jatim terus mematangkan komunikasi dengan para panelis, berbagai partai politik pengusung paslon, serta media penyiaran.

“Nah tentu kita harus melakukan komunikasi dengan tim paslon masing-masing termasuk media penyiaran,” tandasnya. (wld/bil/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Teriknya Jalan Embong Malang Beserta Kembang Tabebuya

Bunga Tabebuya Bermekaran di Merr

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Surabaya
Jumat, 25 Oktober 2024
31o
Kurs