Rabu, 18 September 2024

KPU Jatim Sebut PKB dan PDIP Jalin Komunikasi Informal Jelang Pendaftaran

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Choirul Umam Anggota Divisi Teknis dan Penyelenggaraan KPU Jatim pada kegiatan Persiapan Pendaftaran Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur di Kantor KPU Jatim, Senin (26/8/2024). Foto: Wildan Pratama suarasurabaya.net

PKB dan PDI Perjuangan Jawa Timur sampai saat ini memang belum mengumumkan siapa bakal calonnya untuk berkontestasi di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Meski belum mengumumkan siapa bakal calonnya, namun diam-diam kedua partai itu telah menjalin komunikasi secara informal kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur.

Hal itu diungkapkan Choirul Umam Anggota Divisi Anggota Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Jatim.

Umam menyebut, selain PDIP dan PKB, juga ada partai lain yang diam-diam membuka komunikasi menjelang dibukanya pendaftaran pasangan calon untuk Pilgub Jatim pada 27-29 Agustus 2024.

Partai lain yang dimaksud Umam adalah Gerindra dan Demokrat yang diketahui tergabung dalam pendukung Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak.

“Gerindra, PKB, PDI, Demokrat secara informal sudah. Tapi kalau secara resmi belum,” ujar Umam pada kegiatan Persiapan Pendaftaran Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur di Kantor KPU Jatim, Senin (26/8/2024).

Sayangnya Umam tidak membeber maksud sejumlah partai politik itu membuka komunikasi dengan KPU Jatim secara diam-diam.

Selain itu, menelang H-1 pendaftaran paslon Pilgub Jatim, Umam mengatakan belum ada satupun pasangan calon maupun partai politik yang membuat akun Sistem Informasi Pencalonan (Silon).

Akun Silon harus dibuat oleh pasangan bakal calon dengan tujuan untuk mengunggah berbagai berkas persyaratan pendaftaran.

“Belum, kalau akun Silon sampai saat ini belum ada. Tapi kalau komunikasi informalnya sudah ada,” ungkap Umam. (wld/saf/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Rabu, 18 September 2024
30o
Kurs