Senin, 14 Oktober 2024

KPU Batasi Dua Hari untuk Publik Kirim Pertanyaan Debat Perdana Pilkada Surabaya

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
KPU Surabaya saat menyerahkan tanda nomor urut satu pada paslon tunggal Eri-Armuji, Senin (23/9/2024). Foto: Meilita Elaine suarasurabaya.net

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya memberikan batas waktu dua hari bagi publik untuk menyerahkan daftar pertanyaan yang ditujukan kepada Eri Cahyadi dan Armuji, pasangan calon tunggal Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

Suprayitno Ketua KPU Kota Surabaya menyatakan bahwa debat pertama akan diadakan di Dyandra Convention Center pada Rabu (16/10/2024) pukul 19.00 WIB.

Debat ini akan disiarkan secara langsung oleh TVRI, JawaposTV, dan YouTube TV9, dengan fokus pada penajaman visi-misi pasangan calon.

Pasangan calon juga akan menjawab pertanyaan dari lima panelis yang identitasnya tidak diungkapkan oleh KPU.

“Karena KPU tidak mau masuk ke ranah panelis. Selain itu, dalam rangka menjaga marwah panelis, menjaga status akademisi panelis itu sendiri, dan menjaga nama baik kampus dari masing-masing panelis,” jelas Nano, sapaan akrab Suprayitno, pada Senin (16/10/2024).

Selain pertanyaan dari panelis, pasangan calon juga akan menjawab pertanyaan dari masyarakat yang akan dipilih oleh panelis sesuai dengan tema debat.

“Jadi, selain menjawab pertanyaan dari panelis, paslon juga akan menjawab pertanyaan dari masyarakat yang dikirimkan melalui email. Sejak kemarin lusa, KPU Surabaya telah mengumumkan lewat media sosial untuk mengundang publik Surabaya menyampaikan pertanyaan. Pertanyaan-pertanyaan ini akan kami muarakan kepada panelis untuk disusun,” paparnya.

Mengutip akun resmi Instagram @kpukotasurabaya, pengumuman jadwal debat perdana dan ajakan untuk menyerahkan pertanyaan baru diunggah sehari lalu dan akan berakhir hari ini. Penyerahan pertanyaan dapat dilakukan melalui email [email protected].

“Sesi pertama setelah paparan visi-misi, calon wali kota akan menjawab pertanyaan panelis, kemudian calon wakil wali kota menjawab pertanyaan panelis. Selagi ada sisa waktu, atau atas pembagian tugas antara calon wali kota dan wakil wali kota, mereka bisa saling mengisi dan menguatkan,” tambahnya.

Sementara itu, tempat dan tema untuk debat kedua masih belum ditentukan. (lta/saf/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Teriknya Jalan Embong Malang Beserta Kembang Tabebuya

Bunga Tabebuya Bermekaran di Merr

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Surabaya
Senin, 14 Oktober 2024
31o
Kurs