Rabu, 23 Oktober 2024

Kirab Defile Menarik Perhatian Ratusan Masyarakat Kota Surabaya

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Suasana Puncak Kirab Defile dalam rangakaian Kirab Maskot Pilkada Serentak 2024 Jawa Timur di Jalan Rajawali Surabaya, Rabu (23/10/2024). Foto: Kevin Wijaya Mg suarasurabaya.net

Kirab Defile yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur (KPU Jatim) sukses menarik perhatian ratusan masyarakat Kota Surabaya, pada Rabu (23/10/2024) malam.

Acara yang dimulai pukul 18.00 WIB dimulai start dari Jalan Elang ini menampilkan kreasi seni kebudayaan hingga Ul Daul khas Madura ini akan finish di Jalan Pahlawan tepatnya depan Kantor Gubernuran Jatim.

Para peserta Kirab Defile ini berasal dari 38 KPU kabupaten/kota, yang mana acara ini masih satu rangkaian dengan Kirab 39 Maskot KPU kabupaten/kota dan Provinsi Jatim yang berlangsung sore tadi.

Pantauan suarasurabaya.net, ratusan masyarakat tumpah ruah di Jalan Rajawali, di mana parade ini akan melewati Jalan Jembatan Merah, Jalan Veteran, hingga Jalan Pahlawan sebagai garis finish.

Suasana puncak Kirab Defile dalam rangkaian Kirab Maskot Pilkada Serentak 2024 se-Jawa Timur di Jalan Veteran Surabaya, Rabu (23/10/2024). Foto: Kevin Wijaya Mg suarasurabaya.ne

Rahman (23) salah satu warga Surabaya yang ditemui di Jalan Veteran (rute Kirab Defile) mengaku cukup tertarik dan terhibur dengan Kirab Defile ini.

“Jadi tahu juga kalau ini rangkaian acara dari KPU, bagian dari Pilkada untuk coblosan November nanti,” katanya.

Selain menampilkan Ul Daul serta kreasi seni budaya, para KPU kabupaten/kota juga memamerkan para maskot mereka di dalam kelompok rombongan kirab ini.

Seperti KPU Kabupaten Bangkalan yang menampilkan Ul Daul serta memamerkan maskot Si Jago, kemudian KPU Kabupaten Probolinggo dengan maskot Si Tengger, dan masih banyak lagi.

Nur Salam Komisioner Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat KPU Jatim mengatakan, saat di garis finish Parade Defile ini bakal ada penyerahan maskot.

“Selain itu akan dilakukan penandatanganan deklarasi kampanye damai oleh semua KPU kabupaten/kota serta para partai pengusung calon kepala daerah,” jelasnya.

Pihak KPU Jatim menyatakan, Kirab Maskot ini merupakan satu-satunya yang digelar oleh Provinsi Jatim. “Ini juga upaya untuk mensosialisasikan adanya Pilkada di kabupaten/kota serta provinsi, dan tentunya untuk menargetkan peningkatan partisipasi pemilih,” pungkasnya. (wld/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Teriknya Jalan Embong Malang Beserta Kembang Tabebuya

Bunga Tabebuya Bermekaran di Merr

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Surabaya
Rabu, 23 Oktober 2024
29o
Kurs