Selasa, 24 September 2024

Khofifah-Emil Diarak Ribuan Pendukung ke Deklarasai Kampanye Damai di Tugu Pahlawan

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak Cagub Cawagub nomor urut 2 saat diarak ribuan pendukungnya, Selasa (24/9/2024). Foto: wildan suarasurabaya.net

Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur nomor urut 2 diantar ribuan pendukungnya menuju ke Tugu Pahlawan mengikuti deklarasi kampanye damai, Selasa (24/9/2024).

Khofifah-Emil tampak mengenakan pakain adat Jawa. Mereka diarak menaiki Ul Daul khas Madura dan diiringi musik Tong Tong khas Sumenep.

Para pendukung lainnya juga membawa bendera partai pengusung Khofifah-Emil mulai dari PPP, PAN, PKS, NasDem, Golkar, Gerindra, PSI, Gelora, Partai Buruh, dan lainnya.

Pantauan suarasurabaya.net, Khofifah-Emil tiba di Tugu Pahlawan sekitar pukul 13.30 WIB, para pendukung mereka juga ramai memadati pelataran meneriakkan yel-yel.

Boedi Prijo Soeprajitno Ketua Tim Pemenangan Provinsi (TPP) Khofifah-Emil mengatakan arak-arakan itu melibatkan kesenian khas Jawa Timur.

“Mulai Ul Daul Madura, musik Tong-Tong khas Madura. Kami sekaligus menyuguhkan kesenian khas Jatim,” ujar Boedi.

Boedi menyebut ada sekitar 1.500 sukarelawan dan pendukung Khofifah-Emil yang mengantarkan ke venue Deklarasi Kampanye Damai.

“Tadi mulai dari kader partai pengusung, teman-teman relawan dari berbagai elemen masyarakat, termasuk teman-teman buruh,” ucapnya.

Sementara itu, sesudah Khofifah-Emil datang, disusul pasangan calon Tri Rismaharini-Zahrul Azhar Asumta Cagub Cawagub nomor urut 3 dan Luluk Nurhamidah-Lukmanul Khakim Cagub Cawagub nomor urut 1 yang diantar tim nya.

Memasuki pukul 14.23 WIB, ketiga paslon itu masuk ke dalam area tugu pahlawan secara bersamaan. Khusus acara hari ini, ketiga pasangan calon mengenakan pakaian adat khas Jatim.

Deklarasi kampanye damai ini menjadi rangkaian atau tahapan yang dibuat oleh KPU. Aang Kunaifi Ketua KPU Jatim menyatakan, deklarasi kampanye damai sengaja digelar sehari sebelum dimulainya kampanye.

“Deklarasi kampanye damai selasa ini tepat satu hari sebelum kampanye dimulai. Bapak ibu kami hormati deklarasi kampanye damai 2024 ini sebagai bentuk komitmen para peserta Pilkada dalam menyelenggarakan pilkada yang aman damai dan kondusif,” ujar Aang di Tugu Pahlawan.(wld/iss/ipg)

 

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Selasa, 24 September 2024
29o
Kurs